Penjelasan Ilmiah Kenapa Nyamuk Sering Berputar di Atas Kepala Kita

Selasa, 01 Juni 2021 - 09:03 WIB
loading...
Penjelasan Ilmiah Kenapa Nyamuk Sering Berputar di Atas Kepala Kita
Foto: dok/SINDOnews
JAKARTA - Sering kita merasa terganggu dengan suara nyamuk yang berdengung dekat telinga kita. Tak hanya itu, nyamuk juga suka berputar-putar di atas kepala sehingga mengganggu aktifitas dan istirahat kita.

Perlu diketahui, semua itu karena tubuh kita mengeluarkan karbon dioksida yang menarik bagi nyamuk. Bagian kepala manusia merupakan bagian yang paling banyak mengeluarkan karbon dioksida.

BACA: Surat Einstein Dapat Bantu Ilmuwan Pecahkan Rahasia Alam Semesta

"Dengung di telinga Anda sebagian besar hanyalah efek samping dari kepakan sayap nyamuk," kata Michael Riehle, seorang profesor entomologi di Universitas Arizona seperti dikutip Live Scienve.

Dengung yang didengar kemungkinan besar berasal dari nyamuk betina. Itu karena nyamuk jantan dan betina menjalani kehidupan yang sangat berbeda. Jantan biasanya mengisap nektar bunga. Sedangkan betina perlu mengisap darah setelah kawin agar memiliki energi yang cukup untuk menghasilkan telur.

Nyatanya, nyamuk betina dilengkapi dengan peralatan unik untuk mendekati manusia. "Dari kejauhan, [nyamuk betina] memberi isyarat pada karbon dioksida yang kita hembuskan dalam bentuk kerucut dari tubuh kita," kata Riehle.



Dengan kata lain, nyamuk berdengung di sekitar kepala kita karena di sanalah kita mengeluarkan paling banyak karbon dioksida. Nyamuk betina mencari panas tubuh dan karbon dioksida untuk hinggap.

BACA JUGA: Bahayanya Facebok Ketika Mereka Menyensor Konflik Palestina-Israel

Nyamuk betina menggunakan sensor rasa di kakinya untuk menentukan apakah yang dihinggapinya ini manusia, atau hewan yang membawa darah, cukup untuk menyadap makanan berikutnya. "Kulit Anda mengeluarkan campuran aroma unik yang akan lebih menarik bagi sebagian nyamuk daripada yang lain," kata Riehle.
halaman ke-1
preload video
KOMENTAR ANDA