Penjelasan Ilmiah Kenapa Nyamuk Sering Berputar di Atas Kepala Kita

Selasa, 01 Juni 2021 - 09:03 WIB
loading...
Penjelasan Ilmiah Kenapa Nyamuk Sering Berputar di Atas Kepala Kita
Foto: dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sering kita merasa terganggu dengan suara nyamuk yang berdengung dekat telinga kita. Tak hanya itu, nyamuk juga suka berputar-putar di atas kepala sehingga mengganggu aktifitas dan istirahat kita.

Perlu diketahui, semua itu karena tubuh kita mengeluarkan karbon dioksida yang menarik bagi nyamuk. Bagian kepala manusia merupakan bagian yang paling banyak mengeluarkan karbon dioksida.



"Dengung di telinga Anda sebagian besar hanyalah efek samping dari kepakan sayap nyamuk," kata Michael Riehle, seorang profesor entomologi di Universitas Arizona seperti dikutip Live Scienve.

Dengung yang didengar kemungkinan besar berasal dari nyamuk betina. Itu karena nyamuk jantan dan betina menjalani kehidupan yang sangat berbeda. Jantan biasanya mengisap nektar bunga. Sedangkan betina perlu mengisap darah setelah kawin agar memiliki energi yang cukup untuk menghasilkan telur.

Nyatanya, nyamuk betina dilengkapi dengan peralatan unik untuk mendekati manusia. "Dari kejauhan, [nyamuk betina] memberi isyarat pada karbon dioksida yang kita hembuskan dalam bentuk kerucut dari tubuh kita," kata Riehle.

Dengan kata lain, nyamuk berdengung di sekitar kepala kita karena di sanalah kita mengeluarkan paling banyak karbon dioksida. Nyamuk betina mencari panas tubuh dan karbon dioksida untuk hinggap.



Nyamuk betina menggunakan sensor rasa di kakinya untuk menentukan apakah yang dihinggapinya ini manusia, atau hewan yang membawa darah, cukup untuk menyadap makanan berikutnya. "Kulit Anda mengeluarkan campuran aroma unik yang akan lebih menarik bagi sebagian nyamuk daripada yang lain," kata Riehle.

Studi lain menemukan bahwa nyamuk betina lebih tertarik pada pria yang memiliki lebih sedikit keragaman bakteri di kulitnya daripada pria dengan bakteri kulit yang lebih beragam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0906 seconds (0.1#10.140)