Asteroid Seukuran Chrysler Building Mendekati Bumi, NASA Pasang Sinyal Bahaya

Minggu, 06 Juni 2021 - 18:01 WIB
Asteroid Seukuran Chrysler Building Mendekati Bumi, NASA Pasang Sinyal Bahaya
Asteroid tersebut diklasifikasikan oleh NASA sebagai objek yang berpotensi berbahaya karena merupakan objek dekat Bumi yang lebih besar dari 492 kaki dan melintas dalam jarak 4,6 juta mil dari Bumi. Foto/dok
CALIFORNIA - Sebuah asteroid diprediksi akan meluncur melewati Bumi pada Selasa 8 Juni 2021 pekan depan. Tak cuma satu, secara total ada tujuh asteroid yang diperkirakan akan melewati planet manusia pada akhir minggu ini.

Asteroid terbesar bernama 2021 KT1 berukuran sekitar 600 kaki, seukuran Seattle Space Needle dan lebih tinggi dari Monumen Washington. Namun, para ilmuwan percaya asteroid tersebut bisa sebesar 1.049 kaki, sebanding dengan ukuran Chrysler Building di New York City.

Asteroid tersebut diklasifikasikan oleh NASA sebagai "objek yang berpotensi berbahaya" karena merupakan objek dekat Bumi yang lebih besar dari 492 kaki dan melintas dalam jarak 4,6 juta mil dari Bumi. Sebagai referensi, jarak rata-rata antara Bumi dan bulan adalah sekitar 239.000 mil

Menurut para ilmuwan di Jet Propulsion Laboratory NASA, 2021 KT1 datang dalam 4,5 juta mil dari Bumi, pertemuan yang relatif dekat.

Benda langit itu terbang melewati sekitar 40.000 mil per jam. Tapi tidak ada kemungkinan asteroid itu menabrak Bumi, demikian dikutip dari CBS News, Minggu (6/6/2021).

Namun, para peneliti melacak semua asteroid yang mendekati Bumi dan mereka sedang mencari cara untuk membelokkan asteroid yang dapat melakukan kontak di masa depan.

"Tidak ada yang harus terlalu khawatir tentang dampak ke Bumi dari asteroid atau komet," kata Pusat Studi Objek Dekat Bumi NASA.

Sementara itu, enam asteroid lain yang pada dasarnya adalah batuan sisa yang berusia lebih dari empat miliar tahun, juga melewati Bumi minggu ini. Namun, semuanya lebih kecil dari KT1 2021.

Mereka masing-masing datang dalam jarak 181.000 mil dan 694.000 mil dari Bumi. Sementara itu, jenis JW6 2021 akan lewat pada hari Rabu, bersama dengan 2021 KE1.

Mereka akan datang dalam jarak sekitar 1,9 juta mil dan 3,6 juta mil dari Bumi, masing-masing. Kamis dan Sabtu membawa lebih banyak asteroid.