Planet Kembaran Bumi Ditemukan, Miliki Atmosfer dan Awan

Jum'at, 11 Juni 2021 - 12:07 WIB
Planet Kembaran Bumi Ditemukan, Miliki Atmosfer dan Awan
Ilustrasi planet mirip Bumi. Foto/NASA
CALIFORNIA - Para ilmuwan menemukan sebuah planet ekstrasurya yang mirip dengan Bumi . Planet yang berjarak 90 tahun cahaya dari Bumi itu memiliki atmosfer yang menarik dan awannya mengandung air.

Dilansir CNN, Kamis 10 Juni 2021, planet ekstrasurya ini, yang disebut TOI-1231 b, menyelesaikan orbit penuh mengelilingi bintangnya setiap 24 hari Bumi. Ia mengorbit bintang kerdil merah tipe M yang dikenal sebagai NLTT 24399.

Penemuan planet ini dirinci dalam sebuah studi baru yang akan diterbitkan dalam edisi mendatang The Astronomical Journal.

"Planet TOI 1231 b, suhunya mirip dengan Bumi, berkat bintang induknya yang lebih dingin dan kurang terang," kata rekan penulis studi Diana Dragomir, asisten profesor. di departemen fisika dan astronomi Universitas New Mexico, dalam sebuah pernyataan.

Para peneliti dapat menentukan jari-jari dan massa planet, yang membantu mereka menghitung kepadatannya dan menyimpulkan komposisinya.

" TOI 1231 b bisa memiliki atmosfer hidrogen atau hidrogen-helium yang besar, atau atmosfer uap air yang lebih padat," kata Dragomir.

Para peneliti percaya TOI-1231 b memiliki suhu rata-rata 140 derajat Fahrenheit (60 derajat Celcius), yang menjadikannya salah satu exoplanet kecil paling keren yang tersedia untuk studi atmosfer di masa depan.

"Dibandingkan dengan sebagian besar planet transit yang terdeteksi sejauh ini, yang sering memiliki suhu panas dalam ratusan atau ribuan derajat, TOI-1231 b sangat dingin," kata penulis utama studi Jennifer Burt, seorang rekan postdoctoral di Jet Propulsion Laboratory NASA di Pasadena, California..