1 Desa Kaya Mendadak, Tim Geologi Afsel Periksa Ceceran Berlian di KwaHlathi

Rabu, 16 Juni 2021 - 13:58 WIB
loading...
1 Desa Kaya Mendadak, Tim Geologi Afsel Periksa Ceceran Berlian di KwaHlathi
Warga Afrika Selatan berburu berlian di KwaZulu-Natal.FOTO/ABC
JAKARTA - 1 Desa Kaya Mendadak, Tim Geologi Afsel Diterjunkan Periksa Ceceran Berlian di KwaHlathi

Penduduk KwaHlathi-Natal langsung kaya raya mendadak setelah tanah di desa KwaHlathi di provinsi KwaZulu-Natal Afrika Selatan ditemukan batu permata atau berlian.

Penemuan massal berlian' di perbukitan pinggiran kota kecil ini terungkap pada hari Minggu lalu, ribuan orang terlihat menyisir bumi untuk mencari permata mereka.

BACA JUGA - Melebihi Gunung Mas Kongo, Kini Berlian Berceceran di Tanah Afrika

Belum dapat dipastikan apakah batu-batu ini adalah berlian asli – tetapi jika memang demikian, penduduk KwaHlathi kini memiliki kekayaan .

Pemerintah Afrika Selatan kini mencoba kuasai daerah perbukutan KwaHlathi. Mereka telah mencap praktik pengumpulan berlian sebagai 'penambangan ilegal', dan khawatir bahwa jumlah orang banyak dapat menciptakan Kluster COVID baru.



“Pemerintah provinsi KwaZulu-Natal telah prihatin, laporan aktivitas penambangan ilegal yang terjadi di KwaHlathi di luar Ladysmith di mana kerumunan orang berkumpul untuk menambang apa yang mereka yakini sebagai berlian.”

“Kegiatan ini mengikuti penemuan beberapa dari apa yang mereka yakini sebagai batu mulia. Gambar dan video telah yang beredar di media sosial di mana beberapa yang terlibat dalam penambangan ilegal terlihat merayakan dengan keyakinan bahwa mereka telah menjadi kaya. Departemen Mineral dan Energi telah berjanji untuk mengirimkan tim ke lokasi.” | Pemerintah KZN

Sejauh ini, para ahli geologi belum menganalisis batu misterius yang ditemukan.

Pihak berwenang telah menginstruksikan warga di lokasi untuk meninggalkan daerah tersebut untuk memungkinkan pemeriksaan dilakukan.



Pemerintah setempat juga mengunggah video yang menunjukkan lingkungan sekitar di Twitter, menyuarakan keprihatinan tentang insiden yang dijuluki 'demam berlian'.

Menurut pemerintah setempat, pihaknya mencatat adanya laporan kegiatan penambangan liar yang terjadi di KwaHlathi, Ladysmith.
(wbs)
preload video
KOMENTAR ANDA