AS Buat Magnet Terkuat di Dunia, Mampu Angkat Kapal Induk 100 Ribu Ton

Kamis, 17 Juni 2021 - 22:08 WIB
loading...
AS Buat Magnet Terkuat di Dunia, Mampu Angkat Kapal Induk 100 Ribu Ton
Modul pertama dari central solenoid di fasilitas fabrikasi General Atomics di San Diego. Foto/ITER
A A A
JAKARTA - Insinyur di Amerika Serikat membuat magnet terkuat yang akan menghasilkan medan magnet 280.000 kali lebih kuat dari yang dibuat di Bumi. Tak tanggung-tanggung, magnet ini mampu mengangkat kapal induk seberat 100 ribu ton.

Saat ini, Insinyur di AS sedang bersiap untuk mengirimkan bagian pertama dari magnet paling kuat di dunia ke Prancis. Rencananya magnet ini akan membantu menggerakkan reaktor fusi nuklir canggih.



Magnet yang dikenal sebagai central solenoid akan menjadi jantung dari reaktor fusi terbesar di dunia, ITER. Eksperimen internasional ini melibatkan 35 negara dan bertujuan untuk membuktikan kelayakan fusi nuklir berkelanjutan untuk menciptakan energi.

Ketika dirakit sepenuhnya, central solenoid akan memiliki tinggi 18 meter dan lebar 4,3 m, dan akan mampu menghasilkan medan magnet berukuran 13 teslas atau sekitar 280.000 kali lebih kuat dari medan magnet Bumi. Medan magnet itu cukup untuk mengangkat kapal induk yang beratnya sekitar 100.000 ton.

"Central Solenoid adalah elektromagnet terbesar dan paling kuat yang pernah dibuat," kata John Smith, direktur teknik dan proyek di General Atomics, perusahaan pembuat magnet, kepada Live Science.



Central Solenoid terdiri dari enam modul terpisah yang akan ditumpuk di dalam pusat reaktor ITER. Seluruh magnet akan setinggi bangunan empat lantai dan berat 1.000 ton.

Fusi nuklir berkelanjutan dapat membuka pintu menuju energi terbarukan tanpa batas, yang akan memangkas emisi karbon yang dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar fosil.

"Fusion adalah salah satu dari sedikit pilihan potensial untuk produksi energi bebas karbon skala besar. Ini menawarkan sumber daya yang aman, bersih, selalu aktif yang tidak menghasilkan emisi atau produk limbah," kata Smith.

Untuk menghentikan pemanasan global, sistem energi terbarukan lainnya harus ditingkatkan. Tetapi karena variabilitas keluaran energinya (misalnya, turbin angin hanya bekerja saat angin bertiup), kita masih harus bergantung pada bahan bakar fosil untuk memastikan jaringan listrik menyediakan pasokan daya yang andal.



"ITER adalah langkah besar ke arah ini yang akan mendemonstrasikan fisika dan teknologi menuju pembangkit listrik fusi," kata Smith.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1115 seconds (0.1#10.140)