Diburu seperti Oksigen, Harga Obat Avigan di Indonesia Sentuh Rp23 Jutaan?

Minggu, 04 Juli 2021 - 21:08 WIB
loading...
Diburu seperti Oksigen, Harga Obat Avigan di Indonesia Sentuh Rp23 Jutaan?
Petugas medis di Rumah Sakit swasta di Jakarta saat menangani pasien Covid-19 . FOTO/ WBS/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Digempur Virus Covid-19 di Indonesia tak hanya oxigen dibutuhkan bahkan obat antivurus Avigan kini ikut diburu. Bahkan karena larisnya harga obat ini mencapai puluhan juta perboxnya.

Obat Avigan atau Favipiravir ini merupakan obat yang dibuat oleh perusahaan asal jepang yang digunakan sebagai obat antivirus. Harga Avigan 200 mg - 100 tablet - Anti Virus Influenze Rp 6.460.000 di lifepack.

Namun faktanya berdasarkan penelusuran SINDOnews Minggu 4/7/2021 di rumah sakit swasta di bilangan Jakarta Pusat harga per Box Avigan sentuh angka Rp23 Jutaan.

'' Harga Avigan saat ini mencapai Rp23 jutaan mas, mahalnya harga ini karena apotik kini kesulitan mendapatkan obat ini,'' tutur salah satu petugas medis RS tersebut kepada SINDOnews Minggu 4/7/2021.

Obat Avigan lebih dikenal sebagai obat Corona sebab kandungan Favipiravir dalam obat ini sendiri adalah obat antivirus yang biasa digunakan untuk mengatasi virus influenza termasuk virus corona , obat ini bekerja dengan menghambat RNA virus, sehingga virus tidak dapat bereplikasi/menggandakan diri.

AVIGAN TABLET merupakan obat yang mengandung zat aktif Favipiravir. Avigan termasuk golongan antivirus dan digunakan sebagai anti virus influenza. Obat ini dimetabolisme di sel menjadi bentuk ribosyl triphosphate (favipiravir RTP).

RTP menghambat secara selektif RNA poymerase yang berperan dalam replikasi virus influenza. Dalam penggunaan obat ini harus sesuai petunjuk dokter.

Obat ini dibuat khusus sebagai obat flu yang seringnya disebabkan virus Influenza. Selain virus tersebut ada juga virus lainnya yang bisa dicegah obat ini, untuk virusnya ada Filovirus, Flavivirus, Bunyavirus, Alphavirus, Norovirus dan Arenavirus. Selain virus tadi ada juga virus corona yang sekarang ini menyerang dunia juga dipercaya bisa dicegah dengan Favipiravir.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1660 seconds (0.1#10.140)