Ngeri, Burung Terbang Dekat Gerbang Neraka Ini Langsung Mati

Rabu, 07 Juli 2021 - 05:05 WIB
loading...
Ngeri, Burung Terbang Dekat Gerbang Neraka Ini Langsung Mati
Ilustrasi gerbang ke neraka (kanan) di kota Romawi Hierapolis, Turki. Foto: Francesco DAndria/University of Salento
A A A
ANKARA - Para ilmuwan mengungkap misteri di balik gua mematikan yang diyakini orang Romawi kuno sebagai pintu gerbang ke neraka. Gua yang berada di kota Hierapolis, Turki itu hingga kini masih membuat binatang apa saja yang melintasinya langsung mati.

Berdasarkan catatan sejarah, gua yang berusia sekitar 2.200 tahun itu dulunya digunakan para pemuka agama untuk melakukan persembahan kepada dewa.



Penemuan gua itu terjadi ketika peneliti melihat burung-burung yang terbang di dekat pintu masuk dengan cepat langsung mati.

Berdasarkan studi yang dilakukan 2018 lalu, peneliti berhasil mengetahui kenapa hewan yang melintas dekat gerbang neraka itu langsung mati.

Dalam makalahnya, tim dari Universitas Duisburg-Essen di Jerman memastikan sifat beracun situs tersebut karena aktivitas gunung berapi bawah tanah.

Ngeri, Burung Terbang Dekat Gerbang Neraka Ini Langsung Mati


Gerbang neraka yang dulunya dinamai Plutonium, atau Pluto itu ternyata dibangun di atas celah dalam gunung berapi. Celah itu melepaskan sejumlah besar CO2. Tim peneliti mengukur jumlah gas berbahaya yang merembes keluar dari gua dari waktu ke waktu.

“Di sebuah gua di bawah kuil Pluto, CO2 ditemukan dalam konsentrasi mematikan hingga 91 persen,” tulis para ilmuwan dalam jurnal Archaeological and Anthropological Sciences, seperti dikutip News.com Australia, Selasa (6/7/2021).

Peneliti takjub karena hingga kini uap yang dipancarkan dapat membunuh serangga, burung, dan mamalia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2499 seconds (0.1#10.140)