Tips Aman dari Epidemiolog Saat Membeli Makanan di Luar

Senin, 12 Juli 2021 - 11:05 WIB
loading...
Tips Aman dari Epidemiolog Saat Membeli Makanan di Luar
Faktor kebersihan dan pengelolaan kedai makanan harus diperhatikan oleh konsumen. Foto: Sindonews/Yulianto
JAKARTA - Bersamaan dengan masa PPKM Darurat Jawa-Bali 2021 yang diterapkan sejak 3 Juli hingga 20 Juli mendatang, masyarakat umum semakin memilih untuk tetap di rumah dan membeli makanan di luar melalui aplikasi delivery atau layanan ojek online.

Meski tak keluar rumah secara langsung, namun agar tetap aman saat membeli makanan dari luar di masa pandemi seperti sekarang, perlu betul-betul menjaga kesehatan dengan baik, agar tak gampang jatuh sakit atau pun terinfeksi Covid-19.

BACA JUGA: Ternyata Ini Alasan POCO M3 Pro 5G Gunakan MediaTek Dimensity 700

Seperti dikatakan Epidemiolog Griffith University Australia, dr. Dicky Budiman, M.Sc.PH, ketika jajan atau membeli makanan dari luar ada beberapa hal yang harus tetap diperhatikan. Apa saja?

Pertama, faktor kebersihan dan pengelolaan dari kedai makanan tersebut.

“Tips supaya aman, belilah makanan yang terjaga higienitasnya, pengelolaan makananannya bersih. Ini bukan masalah makanan itu akan menularkan Covid-19 ya, tapi sakit yang lain. Diare, buang-buang air besar, thypoid,” jelas dr. Dicky Budiman kala dihubungi MNC Portal Indonesia baru-baru ini.



Jika kebetulan sedang membeli langsung makanan di luar, baik di mall, restoran, atau kedai pinggir jalan. Dokter Dicky mengingatkan, setiap orang harus selalu menjaga jarak satu sama lain.

BACA JUGA: Layanan Cek Ketersediaan Kamar Covid-19 Sinarap 3.0 Kemenkes Sudah Bagus, Hanya Kurang Update

“Kalau mengambil makanan jangan langsung sentuhan, walau sama-sama pakai masker tetap harus jaga lah, jaga jarak,” pungkasnya singkat.
(dan)
preload video
KOMENTAR ANDA