Ilmuwan WHO Pastikan Bahaya! Suntikan Berbagai Merek Vaksin untuk 1 Orang

Selasa, 13 Juli 2021 - 20:12 WIB
loading...
Ilmuwan WHO Pastikan Bahaya! Suntikan Berbagai Merek Vaksin untuk 1 Orang
Ilustrasi Vaksin Virus Corona. FOTO/ Ist
JAKARTA - Kepala Ilmuwan Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO ), Dr. Soumya Swaminathan mengingatkan tentang pencampuran dan pencocokan dua jenis vaksin Covid-19 yang berbeda untuk dosis pertama dan kedua.

Soumya menggambarkan langkah itu sebagai 'tren berbahaya' dan menekankan bahwa tidak ada cukup data tentang dampak dari proses tersebut.

“Kami menerima banyak pertanyaan dari orang-orang bahwa mereka sudah mendapatkan dosis pertama dan berencana untuk minum lagi (dosis kedua). BACA JUGA - Senasib dokter Lois, Mereka yang Ditangkap karena Klaim Covid-19 Tidak Ada

"Langkah ini agak berbahaya. Kami saat ini berada di zona bebas data dan tanpa bukti proses pencampuran dan pencocokan, ”katanya dalam briefing online seperti dilansir dari Hindustan Times.

Menurut Soumya, saat ini beberapa penelitian telah dilakukan pada campuran dan pencocokan vaksin yang berbeda, sehingga ia meminta semua pihak untuk menunggu hasilnya.

“Data proses dan kajian masih terbatas, jadi kita harus menunggu hasilnya.



"Situasi bisa kacau jika pihak terkait mulai memutuskan kapan dan siapa yang akan menerima dosis kedua, ketiga dan keempat," katanya.
(wbs)
preload video
KOMENTAR ANDA