Membangun Hotel di Bulan, Mimpi Panjang yang Tak Terwujudkan

Jum'at, 16 Juli 2021 - 06:00 WIB
loading...
A A A
Uniknya bukan hanya Barron Hilton saja yang punya mimpi langka itu. Ilmuwan Jerman Kraft Ehricke juga memiliki keinginan yang sama membuat hotel di Bulan dengan nama Astropolis.

Kraft Ehricke mengatakan hotel yang dia buat nantinya akan mampu menampung 1.100 tamu. Tidak seperti hotel bayangan Barron Hilton, konsep hotel yang diajukan oleh Kraft Ehricke akan berada di orbit Bulan. Hotel itu diwajibkan untuk berputar untuk menghasilkan gravitasi buatan. Beberapa area hotel akan berputar pada kecepatan yang berbeda dari yang lain, memungkinkan lingkungan gravitasi yang berbeda.

Membangun Hotel di Bulan, Mimpi Panjang yang Tak Terwujudkan


Baik Kraft Ehricke dan Barron Hilton memang sangat yakin bahwa konsep hotel di Bulan atau di luar angkasa bukanlah isapan jempol belaka. Mereka melandasi pada fakta bahwa suatu saat berbagai negara akan memiliki stasiun internasional luar angkasa yang bisa ditinggali dalam waktu yang lama. Kenyataannya saat ini stasiun internasional luar angkasa memang sudah beroperasi dan astronot dari berbagai negara di dunia tinggal di stasiun itu dalam waktu yang cukup lama.

Sayangnya, terlepas dari optimisme Hilton dan Ehricke yang tak kunjung padam, rencana ambisius mereka untuk hotel luar angkasa tidak pernah benar-benar terwujud. Realisasi yang terjadi hanyalah contoh gambar hotel dan beberapa materi promosi, seperti kunci hotel dan tiruan untuk kartu permintaan reservasi.

Satu-satunya gambaran hotel luar angkasa yang bisa dinikmati oleh masyarakat justru hanya terlihat dalam film garapan Stanley Kubrick berjudul 2001 : A Space Odyssey.

Meski terkesan hanya mencari publisitas, setidaknya masih ada beberapa pihak yang menganggap serius keinginan membuat hotel di luar angkasa. Pada 2011, perusahaan Rusia bernama Orbital Technologies mencoba melakukan percobaan membuat hotel di langit. Hotel itu berada di jarak 402 kilometer di atas Bumi.



Membangun Hotel di Bulan, Mimpi Panjang yang Tak Terwujudkan


Rencananya hotel tersebut akan beroperasi pada 2016. Sayangnya hingga kini rencana pembuatan hotel itu sama sekali tidak pernah terwujud.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2047 seconds (0.1#10.140)