NASA Temukan Sistem Misterius di Bawah Antartika Terhubung ke Seluruh Bumi

Minggu, 18 Juli 2021 - 11:01 WIB
loading...
NASA Temukan Sistem Misterius di Bawah Antartika Terhubung ke Seluruh Bumi
NASA telah menemukan sistem misterius yang bersembunyi di bawah es Antartika yang terhubung ke seluruh Bumi. Foto/dok
JAKARTA - Para ilmuwan di NASA mengumumkan bahwa mereka menemukan dua danau baru yang terkubur di bawah Lapisan Es Antartika. Danau yang ditemukan di bawah 1,5 mil es membentuk bagian dari jaringan luas saluran air bawah tanah.

Danau-danau ini dikatakan terus mengisi dan mengalir dalam siklus misterius yang dapat mempengaruhi seberapa cepat lapisan es bergerak dan bagaimana dan di mana air lelehan mencapai Samudra Selatan – proses kunci untuk sirkulasi laut global.

BACA: Selidiki Neraka di Planet Venus, NASA Akan Kirim Dua Misi Baru

Pemimpin studi Profesor Matthew Siegfried, seorang ahli geofisika di Colorado School of Mines, mengatakan ini bukan hanya lapisan es biasa. "Ini merupakan sistem air yang terhubung ke seluruh sistem Bumi," katanya seperti dikutip Express.co.uk, Minggu (18/7/2021).

Sistem air di dasar lapisan es ini pertama kali ditemukan berkat bantuan misi ICESat NASA pada tahun 2003. Setelah menganalisis data, para ilmuwan menemukan bahwa variasi ketinggian es di Antartika Barat mencerminkan massa besar pergerakan air subglasial di bawah lapisan es.

Sebelumnya diyakini bahwa danau air lelehan tersembunyi ada dalam isolasi, terputus satu sama lain. Namun pada tahun 2007, para peneliti menemukan bahwa fluktuasi ketinggian permukaan es Antartika menandakan pergerakan air yang mengalir di antara jaringan danau subglasial yang tersembunyi, yang secara bergantian mengisi dan mengalirkan air sebelum airnya mengalir ke Samudra Selatan.



BACA JUGA: Ini Dia Mobil-Mobil BMW yang Dibuat Orang Jepang

Sekarang, misi lanjutan ICESat – ICESat-2 – memberikan pemahaman yang lebih jelas kepada para ilmuwan tentang jaringan misterius tersebut.

Prof Siegfried menjelaskan, penemuan sistem danau yang saling berhubungan ini di antarmuka lapisan es yang menggerakkan air, dengan semua dampak pada glasiologi, mikrobiologi, dan oseanografi - itu adalah penemuan besar dari misi ICESat.
halaman ke-1
preload video
KOMENTAR ANDA