Studi Ungkap Penis Menyusut Ketika Usia Bertambah, Ini Cara Mencegahnya

Minggu, 18 Juli 2021 - 15:02 WIB
loading...
Studi Ungkap Penis Menyusut Ketika Usia Bertambah, Ini Cara Mencegahnya
Sama seperti anggota tubuh lainnya yang mengalami perubahan akibat bertambahnya usia, penis juga mengalami hal yan sama. Foto/dok
JAKARTA - Sama seperti anggota tubuh lainnya yang mengalami perubahan akibat bertambahnya usia, penis juga mengalami hal yan sama. Sayangnya, bertambahnya usia justru akan membuat ukuran penis kian menyusut.

Dikutip dari IFLScience, Minggu (18/7/2021), Dokter Spesialis Urologi, Irwin Goldstein mengatakan, hal yang alami ketika penis Anda menyusut seiring bertambahnya usia.

BACA: Jejak Kehidupan Ditemukan, Ilmuwan Ukur Kelayakan Huni Planet Mars

"Jika penis pria yang ereksi panjangnya enam inci ketika dia berusia 30-an, itu mungkin akan menjadi lima atau lima setengah inci ketika dia mencapai usia 60-an atau 70-an," kata Goldstein.

Penyebabnya karena seiring bertambahnya usia, produksi testosteron Anda melambat yang dapat memengaruhi ukuran dan fungsi testis dan penis Anda. Kondisi terkait usia seperti arteriosklerosis (pembuluh darah tersumbat) juga dapat mengurangi aliran darah ke penis, membuatnya tampak lebih kecil.

Bentuk penis juga bisa berubah karena penyakit Peyronie, yang membuat bentuknya menjadi melengkung saat ereksi. Peyronie's disebabkan oleh penumpukan plak (jaringan parut) di bawah permukaan penis dari waktu ke waktu.



BACA JUGA: Canggih, WhatsApp Memungkinkan Pengguna Ngechat Tanpa Ponsel

Penyakit ini diperkirakan mempengaruhi antara 0,5 dan 13 persen pria di Amerika Serikat, meskipun banyak orang tidak menyadari bahwa mereka memiliki kondisi tersebut, menurut Departemen Urologi Weill Cornell Medicine.

Tetapi menurut Dr Edward Zimmerman, ada cara untuk mencegah penis Anda menyusut. "Penis menyusut seiring bertambahnya usia, seperti halnya Anda kehilangan volume di wajah dan leher Anda," jelas Dr Zimmerman kepada Buzzfeed.

Zimmerman mengatakan, ukuran penis akan menyusut ketika Anda jarang menggunakannya. Intinya, tetap menggunakannya secara teratur dan itu akan memperlambat penyusutan.



BACA JUGA: Empat Tahun Lagi, Jepang Akan Produksi Mobil Terbang

Sebagai informasi tambahan, penelitian juga telah menunjukkan bahwa seringnya berhubungan intim dapat mengurangi risiko kanker prostat.
(ysw)
preload video
KOMENTAR ANDA