Era Wisata Luar Angkasa, Segini Harga Tiket yang Harus Dibayar

Rabu, 21 Juli 2021 - 13:12 WIB
loading...
Era Wisata Luar Angkasa, Segini Harga Tiket yang Harus Dibayar
Ilustrasi penampakan luar angkasa. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Era wisata luar angkasa telah dimulai. Hal ini membuat orang awam bisa merasakan pengalaman melihat angkasa.

Beberapa waktu lalu Richard Branson telah berhasil melesat ke antariksa dengan pesawat perusahaannya, Virgin Galactic. a

Disusul oleh Jeff Bezos yang baru saja sukses meluncur ke angkasa dengan roket buatan Blue Origin, New Shepard.

Sementara itu, misi pribadi SpaceX dengan Axiom Space dijadwalkan menerbangkan empat penumpang ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada awal 2022.

Perjalanan luar angkasa ini tentu bukan wisata pada umumnya. Calon penumpang harus membayar mahal untuk bisa ikut dalam penerbangan ini.

Dilansir dari Business Insider, Rabu (21/7/2021), untuk penerbangan dengan Virgin Galactic akan menelan biaya masing-masing US$ 250.000 atau sekitar Rp 3,6 miliar.

Sedangkan untuk sebuah kursi di New Shepard milik Blue Origin dilelang dengan harga US$ 24 juta atau sekitar Rp 406 miliar pada bulan Juni. Blue Origin belum mengungkapkan lebih lanjut soal harga kursi komersial untuk penerbangan di New Shepard.

Dan empat penumpang yang bepergian ke ISS dengan SpaceX's Crew Dragon akan membayar $55 juta atau sekitar Rp 799 miliar per kepala.

Lalu apa saja yang akan peserta dapatkan dengan membayar harga tersebut?

Untuk tiket misi Axiom ke ISS akan mencakup

Pelatihan
Perencanaan misi
Kebutuhan hidup
Kebutuhan medis
Kru
Delapan hari di ISS

Menurut NASA bagi seorang astronaut tinggal di ISS menghabiskan biaya sekitar US$ 6,8 juta per hari.

Menurut daftar harga NASA tahun 2021, biayanya US$ 2.000 per anggota awak per hari untuk makanan dan minuman di atas ISS.

Biaya ini juga akan membebani setiap orang sebanyak US$ 1.500 per hari untuk hal-hal seperti pakaian, produk kebersihan, perlengkapan kantor, dan kantong tidur.

Blue Origin

Sebelum naik, penumpang harus menunjukkan bahwa mereka dapat tidak takut ketinggian, berjalan di permukaan yang tidak rata.

Para peserta juga akan mendapatkan pelatihan terlebih dahulu dan juga akomodasi di tempat.

"Ada beberapa hari pelatihan sebelum penerbangan," kata juru bicara Blue Origin kepada Business Insider.

"Beberapa pelatihan mencakup prosedur pembelajaran untuk masuk dan keluar dari kapsul, simulasi misi, dan mempelajari teknik untuk bergerak di nol-g." sambungnya.

Virgin Galactic

Sekitar 600 pelanggan di 58 negara telah membayar US$ 250.000 untuk kursi di pesawat ruang angkasa Unity Virgin Galactic, yang akan membawa mereka ke tepi luar angkasa.

Seorang juru bicara dari Virgin Galactic mengatakan bahwa tiket tersebut termasuk:

Penerbangan
Latihan
Pakaian luar angkasa

Tidak seperti roket New Shepard Blue Origin, Unity tidak akan melewati garis Kármán, batas imajiner antara atmosfer dan ruang angkasa. Ketika Virgin Galactic mencapai ketinggian ini, penumpang akan mengalami beberapa menit tanpa bobot sebelum pesawat ruang angkasa kembali ke Bumi.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2179 seconds (0.1#10.140)