Jeff Bezos Tawarkan NASA US$2 Miliar Jika Coret Kontrak SpaceX

Selasa, 27 Juli 2021 - 07:27 WIB
loading...
Jeff Bezos Tawarkan NASA US$2 Miliar Jika Coret Kontrak SpaceX
Jeff Bezos menawarkan NASA keuntungan US$2 miliar jika mereka mencoret SpaceX dan memakai Blue Origin untuk membawa astronot mendarat di Bulan. Foto/dok
A A A
NEW YORK - Perlombaan ke luar angkasa antara Blue Origin milik Jeff Bezos dengan SpaceX milik Elon Musk terus memanas. Terakhir, Jeff Bezos menawarkan NASA keuntungan US$2 miliar jika mereka mencoret SpaceX dan memakai Blue Origin untuk membawa astronot mendarat di Bulan.

Dalam surat yang dilayangkan Senin (26/7/2021) pagi kepada administrator NASA Bill Nelson, Bezos mengatakan dia akan secara permanen mengabaikan pembayaran kontrak hingga US$2 miliar untuk dua tahun pertama jika NASA menambahkan pendarat bulan Blue Moon Blue Origin ke fase kunci dari program Sistem Pendaratan Manusia dalam beberapa dekade.



Selain itu, Blue Origin akan mendanai sendiri peluncuran uji coba Blue Moon ke orbit rendah Bumi, suatu prestasi yang kemungkinan bernilai ratusan juta lebih. “Saya percaya misi ini penting,” kata Bezos seperti dikutip The Verge, Selasa (27/7/2021).

Permohonan itu datang seminggu sebelum Kantor Akuntabilitas Pemerintah pengawas akan memutuskan protes resmi atas penghargaan NASA kepada SpaceX yang diajukan Blue Origin musim semi ini. "Yang perlu dilakukan NASA adalah memanfaatkan tawaran ini dan mengubah" kontrak, kata Bezos.

Seorang juru bicara NASA mengatakan badan tersebut mengetahui surat Bezos tetapi menolak berkomentar lebih lanjut untuk menjaga integritas proses pengadaan yang sedang berlangsung.

"Mengubah kontrak untuk memanfaatkan tawaran Bezos tidak sesederhana kedengarannya," kata Lori Garver, mantan wakil administrator NASA yang mengawasi awal Program Kru Komersial NASA.

Garver mengatakan, tawaran Bezos adalah sesuatu yang tidak boleh dikesampingkan oleh agensi, tetapi itu juga mungkin tidak berjalan seperti yang diinginkan Blue Origin.



“Saya melihat ini sebagai tanda positif secara keseluruhan, tetapi seharusnya tidak berdampak pada penghargaan atau strategi saat ini,” katanya.

Ini semua dimulai pada bulan April ketika NASA mengumumkan akan menggunakan sistem Starship SpaceX untuk mengangkut awak manusia AS pertama ke Bulan dalam hampir setengah abad pada tahun 2024. NASA mengklaim dana terbatas dari Kongres hanya memungkinkan agensi untuk memilih SpaceX.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1874 seconds (0.1#10.140)