Wisata ke Luar Angkasa, dari Crazy Rich, oleh Crazy Rich, untuk Crazy Rich

Rabu, 28 Juli 2021 - 07:00 WIB
loading...
A A A


Wisata ke Luar Angkasa, dari Crazy Rich, oleh Crazy Rich, untuk Crazy Rich


Hanya orang-orang superkaya saja yang mau menggelontorkan uang agar bisa sampai ke sana. Hal ini sangat jauh dari khittah yang diinginkan NASA saat mengirimkan guru dan peneliti ke luar angkasa waktu itu.

Tidak heran jika banyak orang yang mengkritik bahwa wisata ke luar angkasa hanyalah jadi pemuas rasa dahaga para orang superkaya yang semata-mata ingin eksis di hadapan masyarakat dunia.

"Selalu ada kritikan tentang dana yang dikeluarkan untuk bisnis di luar angkasa ini. Ada anggapan bahwa uang sebesar itu harusnya digunakan untuk kepentingan perbaikan lingkungan kita sendiri. Saya melihat perdebatan ini akan terus ada dan tidak akan pernah berubah karena itu faktanya," uar Alan Ladwig, penulis buku See You in Orbit? Our Dream of Spaceflight.

Selain biaya besar yang "terbakar" hanya untuk kegiatan wisata, kritikan lain juga datang dari dampak lingkungan yang ditimbulkan dari bisnis luar angkas atersebut. Semakin banyak aktivitas pesawat luar angkasa maka semakin besar dampak polusinya pada Bumi. Karbon hitam yang dihasilkan oleh pesawat luar angkasa mempunyai dampak yang mengerikan pada Bumi. Di saat orang-orang superkaya menikmati aktivitas mereka di luar angkasa, masyarakat di Bumi, yang tidak pernah sampai kesana, justru terkena getahnya.



Wisata ke Luar Angkasa, dari Crazy Rich, oleh Crazy Rich, untuk Crazy Rich


Richard Branson beralasan mahalnya harga ke luar angkasa karena saat ini pelaku bisnisnya sangat terbatas. Apalagi jumlah orang yang akan dibawa juga tidak banyak. Dia mengatakan jika memang ingin harganya turun maka pihak swasta lain juga harus mau terjun ke bisnis yang sama.

Semakin banyak pesawat luar angkasa yang dibuat maka akan semakin mudah dan banyak masyarakat yang di bawa ke luar angkasa. Otomatis persaingan akan semakin terbuka dan harga pun akan turun. "Saya lihat ada sekitar 20 perusahaan yang bisa ikut bisnis membawa masyarakat ke luar angkasa. Ini akan membuat harga ke luar angkasa jadi lebih murah dan semua orang akan bisa kesana," jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2031 seconds (0.1#10.140)