Astronom Temukan Komet Raksasa, Capai Jarak Terdekat Matahari Pada 2031

Rabu, 28 Juli 2021 - 08:25 WIB
loading...
Astronom Temukan Komet Raksasa, Capai Jarak Terdekat Matahari Pada 2031
Komet ini akan mencapai jarak terdekatnya kke matahari pada tahun 2031. Foto/dok
A A A
PENSYLVANIA - Para astronom telah menemukan komet terbesar yang diketahui, dan itu sekitar seribu kali lebih besar daripada yang lain. Komet Bernardinelli-Bernstein ini akan mencapai jarak terdekatnya ke matahari pada tahun 2031.

Komet itu memiliki lebar antara 62 hingga 124 mil (100 hingga 200 kilometer). Tim mengumumkan penemuan itu pada bulan Juni 2021.

Komet Bernardinelli-Bernstein saat ini berjarak sekitar 1,8 miliar mil (3 miliar kilometer) -- kira-kira jarak Uranus dari matahari -- dan pada titik terdekatnya pada tahun 2031, jaraknya hanya sedikit lebih jauh dari jarak Saturnus ke matahari.



"Kami memiliki hak istimewa untuk menemukan mungkin komet terbesar yang pernah dilihat atau setidaknya lebih besar dari yang dipelajari dengan baik," kata Profesor Gary Bernstein, penemu komet itu bersama mahasiswa pascasarjana jurusan fisika dan astronomi Universitas Pennsylvania Pedro Bernardinelli.

Kesempatan yang tidak biasa untuk mempelajari komet inbound ini akan memberikan kesempatan kepada para astronom untuk lebih memahami asal usul dan komposisi komet. Ini mungkin hanya salah satu dari banyak komet raksasa yang berasal dari Awan Oort.

Komet Bernardinelli-Bernstein berasal dari objek Awan Oort, sekelompok objek es yang terisolasi yang lebih jauh dari apa pun di tata surya kita. Para ilmuwan percaya dari sinilah komet berasal, tetapi mereka tidak pernah benar-benar mengamati objek di dalam Awan Oort.



Awan Oort terletak antara 2.000 dan 100.000 unit astronomi dari matahari. Akhirnya, pesawat ruang angkasa NASA seperti Voyager 1 dan 2, serta New Horizons akan mencapai Awan Oort. Tetapi pada saat mereka melakukannya, sumber daya mereka akan mati selama berabad-abad.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2316 seconds (0.1#10.140)