Kalah Tender NASA, Jeff Bezos Sindir Roket Elon Musk Ribet dan Berisiko Tinggi

Sabtu, 07 Agustus 2021 - 17:45 WIB
loading...
Kalah Tender NASA, Jeff Bezos Sindir Roket Elon Musk Ribet dan Berisiko Tinggi
Blue Origin menyebutkan roket SpaceX yang digunakan untuk mengangkut astronaut NASA ke Bulan yakni Starship, memiliki pendekatan yang kompleks dan beresiko tinggi. Foto: ist
A A A
CALIFORNIA - Blue Origin, terus meluncurkan serangan protes terhadap keputusan NASA yang memberi kontrak membangun kendaraan untuk mendaratkan astronaut di Bulan kepada SpaceX.

Kali ini perusahaan milik Jeff Bezos itu melakukan protes dengan menuangkan kritikan dalam infografis di web resminya.



Blue Origin menyebutkan roket SpaceX yang digunakan untuk mengangkut astronaut NASA ke Bulan yakni Starship, memiliki pendekatan yang kompleks dan beresiko tinggi.

Perusahaan mengutip kritikan seorang pejabat NASA saat mengevaluasi Starship untuk program pendaratan di Bulan.

“Ada sejumlah teknologi, pengembangan, dan operasi yang belum pernah dilakukan sebelumnya untuk Starship mendarat di Bulan,” tulis Blue Origin, dikutip dari CNBC, Sabtu (7/8).

Kalah Tender NASA, Jeff Bezos Sindir Roket Elon Musk Ribet dan Berisiko Tinggi

Purwarupa roket Starship milik SpaceX. Foto: dok SpaceX

Selain mengkritik kompleksitas Starship, Blue Origin juga mengatakan fasilitas yang dimiliki SpaceX di Texas belum pernah melakukan peluncuran orbital.

Namun sebenarnya perusahaan milik Elon Musk telah melakukan lebih dari 100 peluncuran orbital yang sukses dengan roket Falcon-9 sedangkan Blue Origin belum mencapai orbit sama sekali.

Blue Origin juga embuat perbandingan teknis tambahan, yang mencatat bahwa rencana SpaceX membutuhkan lebih dari 10 peluncuran Starship untuk mendarat sekali di Bulan dan perlu diisi bahan bakar obit.

"Sebuah proses yang juga belum pernah dilakukan sebelumnya," ungkap pihak perusahaan.


SpaceX juga dikabarkan sedang dalam persiapan akhir dalam upaya peluncuran orbit pertama Starship. Setelah melakukan peluncuran dan pendaratan purwarupa Starship pada ketinggian tinggi di bulan Mei.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2241 seconds (0.1#10.140)