Ogah Dikecilkan Maglev China, Jepang Keluarkan Kuncian HC85

Minggu, 29 Agustus 2021 - 09:36 WIB
loading...
Ogah Dikecilkan Maglev China, Jepang Keluarkan Kuncian HC85
Kereta bertenaga hidrogen dan diesel. FOTO/ IST
A A A
TOKYO - Usai China memperkenalkan Kereta Maglev, kereta tercepat yang diklaim mengalahkan kereta Jepang dan Jerman. Dan untuk menjawab itu Jepang melalui Central Japan Railway Company atau JR Central memperkenalkan kuncian kereta HC85 dengan teknologi hibrida

Kereta tersebut akan menggunakan kombinasi baterai dan mesin diesel pertama di Negeri Sakura yang mampu melaju dengan kecepatan maksimum 120 km per jam.
Seperti dilansir dari mainichi.jp Minggu (29/8/2021), JR Central yang merupakan operator kereta telah menggelar uji coba untuk media pada 24 Agustus lalu.

Nantinya kereta ekspres hibrida seri HC85 yang baru akan menggantikan kereta diesel seri 85 yang saat ini digunakan untuk kereta terbatas Hida dan Nanki.

“Kereta hybrid berjalan menggunakan motor yang digerakkan bersama oleh tenaga dari mesin diesel dan listrik yang disimpan dalam baterai isi ulang. Sementara kereta seri 85, yang diperkenalkan 32 tahun lalu, masing-masing memiliki dua mesin diesel, kereta seri HC85 masing-masing memiliki mesin dan baterai yang dapat diisi ulang,” ujar JR Central.

Selama acara test-ride, kereta melaju antara Stasiun Unuma di Kakamigahara, Prefektur Gifu, dan Stasiun Nagoya di Prefektur Aichi dengan kecepatan maksimum hampir 120 km per jam. Kereta melaju dengan suara mesin dan getaran yang minim, serta kualitas perjalanan telah meningkat dari seri 85.

Menurut JR Central, kereta baru ini sekitar 35 persen lebih hemat energi dan mengeluarkan sekitar 30 persen lebih sedikit karbon dioksida dari pendahulunya. Ini juga membawa sistem pemantauan konstan termasuk data pada mesin dan komponen lainnya, dan mendeteksi tanda-tanda masalah internal. Biaya untuk menghadirkan 64 mobil (gerbong) baru pada seri kereta baru ini mencapai 31 miliar yen (sekitar USD282 juta).

“Kami akan terus memperkenalkan dan mengejar teknologi terbaru sehingga kereta api akan dicintai oleh wisatawan dan masyarakat lokal,” kata Manajer departemen gerbong kereta Takashi Sugiyama.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1925 seconds (0.1#10.140)