13 Kota Besar di Inggris Diprediksi Tenggelam Pada Tahun 2100

Senin, 30 Agustus 2021 - 17:09 WIB
loading...
13 Kota Besar di Inggris Diprediksi Tenggelam Pada Tahun 2100
Pemerintah Inggris melakukan pemetaan terhadap 13 kota besar mereka yang kemungkinan akan tenggelam pada tahun 2100. Foto/AFP
LONDON - Pemerintah Inggris melakukan pemetaan terhadap 13 kota besar mereka yang kemungkinan akan tenggelam pada tahun 2100. Perkiraan ini dilakukan setelah menghitung dampak perubahan iklim yang diprediksi datang lebih cepat dari yang diduga.

Dikutip dari Express.co.uk, Senin (30/8/2021), peta Proyeksi Laut terbaru menunjukkan bahwa sebagian besar garis pantai Inggris bisa berada di bawah air secara permanen karena perubahan iklim dalam waktu kurang dari 90 tahun.

BACA: Biden Sebut Jakarta Akan Tenggelam, Ilmuwan ITB Temukan Fakta Lain

Secara alami, yang paling rentan terhadap dampak perubahan iklim adalah daerah pesisir dan dataran rendah, serta di sungai-sungai besar dan saluran air. Menurut peta, bagian timur Inggris terlihat sebagai daerah yang terkena dampak paling parah.



Peta memprediksi bahwa pada tahun 2100, Skegness, King's Lynn, Great Yarmouth, Boston, dan Peterborough semuanya bisa berada di bawah permukaan air.

Lebih jauh ke utara, sebagian Doncaster dan Lincoln bisa menghadapi dampak paling serius, sedangkan Grimsby, Hull, dan Barton-upon-Humber semuanya akan tenggelam.

BACA JUGA: Ini Deretan Mobil Super Paling Boros di Dunia

Di sisi lain peta, area besar Cardiff dan Swansea di Wales akan berada di bawah air. Bahkan sebagian ibu kota terancam, terutama yang paling dekat dengan Sungai Thames.

Sejak 1993, pertumbuhan permukaan laut meningkat menjadi rata-rata 0,12 hingga 0,14 inci per tahun, kira-kira dua kali lebih cepat dari tren jangka panjang.
halaman ke-1
preload video
KOMENTAR ANDA