Mutasi Virus Covid-19, Ilmuwan Deteksi Varian Baru C.1.2 di Afrika Selatan

Rabu, 01 September 2021 - 08:45 WIB
loading...
Mutasi Virus Covid-19, Ilmuwan Deteksi Varian Baru C.1.2 di Afrika Selatan
Institut Nasional untuk Penyakit Menular di Afrika Selatan telah melaporkan deteksi varian baru yang menarik dari SARS-CoV-2. Foto/dok
A A A
CAPE TOWN - Institut Nasional untuk Penyakit Menular di Afrika Selatan telah melaporkan deteksi varian baru yang menarik dari SARS-CoV-2, virus penyebab COVID-19. Saat ini virus yang dikenal sebagai C.1.2, ditemukan di semua provinsi di negara Afrika.

Dikutip dari IFL Science, Rabu (1/9/2021), virus varian C.1.2 ini penyebarannya tidak secepat delta, hanya kurang dua persen dari semua genom berasal dari garis keturunan ini.

Kendati begitu, garis keturunan varian C.1.2 ini memiliki mutasi yang mirip dengan yang terlihat pada variants of interest (VOI) and variants of concern (VOC).



Ini berbagi beberapa mutasi umum dengan varian Beta dan Delta , tetapi juga mutasi baru. Dengan setiap varian virus yang berkembang, ada kekhawatiran bahwa hal itu dapat membuat vaksin tidak efektif dalam memeranginya.

Seperti dilansir World Health Organization (WHO), saat ini ada empat VOC, bernama Alpha, Beta, Gamma, dan Delta, serta empat VOI, Eta, Iota, Kappa, dan Lambda yang beredar secara global.

Alpha, Beta, dan Delta adalah yang memiliki dampak paling besar di seluruh dunia dalam hal infeksi. Secara khusus, Delta kini telah menjadi penyebab dominan COVID-19 di seluruh dunia, termasuk terobosan infeksi pada orang yang divaksinasi.

Varian ini pertama kali diidentifikasi pada Mei 2021 di Afrika Selatan dan sejak itu telah terdeteksi di tujuh negara lain di seluruh dunia termasuk Inggris, China, Republik Demokratik Kongo (DRC), Mauritius, Selandia Baru, Portugal, dan Swiss.

Dr Maria Van Kerkhove, Pimpinan Teknis COVID-19 untuk WHO memuji Afrika Selatan atas pekerjaannya dalam mengidentifikasi varian dan berbagi data. Dr Van Kerkhove juga menekankan bahwa varian tersebut tampaknya tidak memiliki keunggulan dibandingkan versi virus yang beredar saat ini.

“Saat ini, C.1.2 tampaknya tidak terlalu berbahaya dibanding Delta yang masih dominan dari semua urutan yang tersedia,” cuit Dr Van Kerkhove melalui aun twitternya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1637 seconds (0.1#10.140)