Virgin Galactic Terancam Tidak Bisa Lagi Kunjungi Luar Angkasa

Jum'at, 03 September 2021 - 15:08 WIB
loading...
Virgin Galactic Terancam Tidak Bisa Lagi Kunjungi Luar Angkasa
Dalam sebuah pernyataan singkat, FAA mengatakan sedang mengawasi penyelidikan penyimpangan penerbangan SpaceShipTwo 11 Juli 2021 lalu yang terjadi di Spaceport America, New Mexico. Foto/dok
NEW YORK - Administrasi Penerbangan Federal AS telah menghentikan sementara misi Virgin Galactic saat menyelidiki bagaimana penerbangan luar angkasa Sir Richard Branson baru-baru ini menyimpang dari jalurnya selama penerbangan luas angkasa pertamanya.

Dalam sebuah pernyataan singkat, FAA mengatakan sedang mengawasi penyelidikan penyimpangan penerbangan SpaceShipTwo 11 Juli 2021 lalu yang terjadi di Spaceport America, New Mexico.

BACA: Bos Virgin Galactic Richard Branson Berhasil Sampai ke Luar Angkasa

"Virgin Galactic tidak diizinkan menerbangkan kembali SpaceShipTwo sampai FAA menyetujui laporan investigasi tersebut," tambahnya seperti dikutip BBC news, Jumat (3/9/2021).



Menanggapi pengumuman FAA, Virgin Galactic mengatakan kepada BBC bahwa pihaknya akan patuh sepenuhnya dengan administrasi penerbangan. Akibat penyelidikan ini, Virgin Galactic menunda jadwal penerbangan untuk akhir September atau awal Oktober menunggu hasil penyelidikan FAA.

Setelah misi berikutnya, Virgin Galactic diperkirakan akan memasuki periode pemeliharaan dan peningkatan yang diperpanjang untuk Unity dan pesawat pengangkut/peluncurnya, yang dikenal sebagai Eve.

BACA JUGA: Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus

Jika jadwal tidak terganggu oleh larangan FAA terbaru, kendaraan ini diharapkan untuk melanjutkan misi luar angkasa pada pertengahan tahun depan. Perusahaan mengatakan satu uji coba lebih lanjut akan dilakukan sebelum layanan komersial penuh dimulai, mungkin pada paruh kedua tahun 2022.

Sekitar 600 orang telah memesan penerbangan ke luar angkasa dengan tiket seharga $200,000-250,000. Penjualan tiket dilanjutkan bulan lalu dengan harga mulai $450.000 (£325.000) per kursi.
(ysw)
preload video
KOMENTAR ANDA