Mengenal Asteroid dengan Periode Orbit Tercepat di Tata Surya

Jum'at, 03 September 2021 - 14:05 WIB
Mengenal Asteroid dengan Periode Orbit Tercepat di Tata Surya
Foto/dok
JAKARTA - Para ilmuwan telah menemukan asteroid dengan periode orbit tercepat di Tata Surya. Asteroid ini dinamakan 2021 PH27, sesuai dengan tanggal penemuan asteroid pertama kali pada 13 Agustus 2021.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN) menjelaskan, huruf P menunjukkan asteroid ditemukan antara tanggal 1-15 Agustus dan merupakan observasi ke-708 di dalam rentang tersebut. Sedangkan 27 adalah kelipatan 25 yang ke-27 (dihitung dari nol). Dan H adalah huruf ke-8 dari 25 alfabet yang digunakan.

Asteroid ini ditemukan oleh astronom yang bekerja di Carnegie Institution for Science (CIS) menggunakan instrumen Dark Energy Camera (DEC), sebuah instrumen multiguna yang dapat menangkap citra objek di alam semesta dengan berbagai macam frekuensi, di antaranya Ultraungu Dekat, Kasatmata/Cahaya Tampak, dan Inframerah Dekat.

Melalui instrumen ini, pengukuran terhadap laju ekspansi alam semesta dapat dilakukan. Instrumen ini terpasang pada Teleskop 4-Meter Victor M. Blanco yang berada di Cerro Tololo Inter-American Observatory, Chile.

Berdasarkan data dari JPL Small-Body Database Browser (SBDB) NASA, asteroid 2021 PH27 mengorbit Matahari selama 114,48 hari, lebih kecil dibandingkan objek manapun yang mengorbit Matahari di Tata Surya.

Meski begitu, masih lebih besar dibandingkan dengan Merkurius yang mengorbit Matahari selama 88 hari, aatau dalam 1 tahun Bumi, Merkurius mengorbit Matahari sebanyak empat kali.

"Keunikan asteroid ini adalah selain periodenya yang cukup cepat, orbitnya juga lebih lonjong dibandingkan dengan Merkurius," kata Andi Pangerang, Peneliti Pusat Sains dan Antariksa LAPAN, Kamis (2/9/2921).

Andi menambahkan, asteroid ini termasuk dalam keluarga asteroid Atira, yakni asteroid yang orbitnya berada di dalam orbit Bumi. Sehingga keluarga asteroid Atira juga disebut sebagai Objek Dalam Orbit Bumi (Interior Earth Object).