WHO Tak Yakin Vaksin Covid-19 Mampu Akhiri Pandemi

Minggu, 12 September 2021 - 09:36 WIB
loading...
WHO Tak Yakin Vaksin Covid-19 Mampu Akhiri Pandemi
Kepala Organisasi Kesehatan Dunia Eropa (WHO), Hans Kluge pesimistis dengan kemampuan vaksin untuk mengakhiri pandemi Covid-19. FOTO/ IST
A A A
KOPENHAGEN - Setelah vaksin Covid-19 telah disebar di seluruh dunia dan diharapkan bisa mengakhiri pandemi, Kepala Organisasi Kesehatan Dunia Eropa (WHO), Hans Kluge pesimistis dengan kemampuan vaksin untuk mengakhiri pandemi Covid-19.

Seperti dilansir dari Al Jazera Minggu 912/9/2021), pernyataan ini keluar, berdasarkan temuan mutasi baru Covid-19 yang semakin kuat sehingga mengurangi harapan untuk mencapai kekebalan cluster. BACA JUGA - Jangan Lupa, Sekarang Mau Naik KRL Wajib Tunjukkan Sertifikat Vaksin Covid-19

"Dengan mempertimbangkan situasi, kemungkinan infeksi Covid-19 akan berlanjut selama beberapa tahun lagi. Otoritas kesehatan perlu memikirkan cara untuk menyesuaikan strategi vaksinasi secara bertahap, terutama terkait dengan kebutuhan dosis tambahan," kata Kluge kepada wartawan.

Mei lalu, WHO mengumumkan bahwa pandemi akan berakhir setelah mencapai minimal 70 persen populasi dunia divaksinasi.

Saat ditanya apakah angka tersebut masih menjadi target atau lebih banyak warga yang perlu divaksinasi, Kluge mengaku situasi kini telah berubah menyusul munculnya varian baru dan lebih menular seperti Delta.

"Saya pikir itu membawa kita pada tujuan vaksinasi, yaitu untuk mencegah penyakit yang lebih serius dan risiko kematian.

“Jika kita berasumsi bahwa Covid-19 akan terus bermutasi dan menyertai kita seperti influenza, maka kita sedang memikirkan cara untuk menyesuaikan strategi vaksinasi sehingga menjadi endemik dan mengumpulkan informasi tentang suntikan tambahan,” katanya.

Sementara itu, Kluge mengatakan tingkat vaksinasi yang tinggi juga sangat penting untuk mengurangi stres sistem kesehatan yang juga perlu untuk mengobati penyakit lain.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4027 seconds (0.1#10.140)