Elon Musk Akui Kru Inspiration4 Kesulitan Buang Hajat di Luar Angkasa

Rabu, 22 September 2021 - 15:07 WIB
loading...
Elon Musk Akui Kru Inspiration4 Kesulitan Buang Hajat di Luar Angkasa
Buang hajat di luar angkasa merupakan suatu kesulitan yang dihadapi para astronot. FOTO/ IST
CALIFORNIA - Misi orbital Inspiration4 SpaceX dengan empat astronot amatir terbilang cukup sukses dalam sejarah penerbangan penerbangan dan pariwisata ruang angkasa.

Namun di satu sisi ada hal yang cukup menegangkan bagi para kru ketika menggunakan toilet di pesawat Crew Dragon. BACA JUGA - Tiga Astronot China Pulang ke Bumi Setelah 90 Hari Misi di Luar Angkasa

Pendiri SpaceX, Elon Musk, mencuitkan bahwa kru Inspiration4 memiliki beberapa "tantangan" dengan toilet. Musk menjanjikan peningkatan untuk misi masa depan.

Melansir Cnet, Rabu (22/9/2021), tidak diketahui tantangan yang Musk maksud dalam konteks baik atau buruk.



Keempat kru warga sipil terdiri Inspiration4 terdiri dari miliarder pendiri Shift4 Payments Jared Isaacman, asisten dokter St. Jude Hayley Arceneaux, geoscientist Sian Proctor dan profesional industri kedirgantaraan Chris Sembroski.

SpaceX belum mengungkapkan banyak tentang cara kerja toilet di kapal luar angkasnya. Tetapi Isaacman mengatakan kepada Insider pada Juli lalu bahwa fasilitas itu terletak di dekat jendela kubah besar pesawat dengan tirai untuk privasi. Dia menggambarkan toilet itu sebagai pemandangan yang luar biasa.

Toilet di luar angkasa memang dikenal rumit. Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) mendapat toilet baru tahun lalu.

Toilet di ISS menggunakan sistem hisap untuk menjaga limbah agar tidak mengambang dan dilakukan peningkatan untuk mengakomodasi astronot wanita dengan lebih baik.

Astronot Badan Antariksa Eropa Thomas Pesquet melakukan penerbangan ke ISS dengan Crew Dragon awal tahun ini dan men-tweet foto toilet dalam perjalanannya, dan menyebutnya "salah satu sistem paling rahasia namun berguna di pesawat ruang angkasa."
(wbs)
preload video
KOMENTAR ANDA