Fosil Pterosaurus Baru Era Jurasic Ditemukan di Gurun Atacama Chili

Rabu, 22 September 2021 - 20:11 WIB
Fosil Pterosaurus Baru Era Jurasic Ditemukan di Gurun Atacama Chili
Ahli paleontologi telah menggali sisa-sisa fosil pterosaurus non-pterodactyloid di Gurun Atacama di Chili utara. Foto/dok
CHILI - Ahli paleontologi telah menggali dan menggambarkan sisa-sisa fosil yang terfragmentasi dari pterosaurus non-pterodactyloid di Gurun Atacama di Chili utara.

Fosil Pterosaurus yang ditemukan diperkirakan menghuni superbenua kuno Gondwana sekitar 160 juta tahun yang lalu. Itu milik sekelompok pterosaurus yang disebut Rhamphorhynchinae, yang juga termasuk pterosaurus Jurassic dari Eropa, Asia, dan Amerika Utara.

“Pterosaurus ini memiliki rentang sayap, ujung ke ujung, hingga 1,8-2 m (5,9-6,6 kaki),” kata penulis pertama Dr. Jhonatan Alarcon Munoz dari Universidad de Chile dan rekan seperti dikutip SCI News, Rabu (22/9/2021).

Spesimen yang ditemukan ini cukup besar, sebanding dengan Rhamphorhynchus, yang merupakan anggota terbesar dari keluarga ini.

Spesimen dikumpulkan pada tahun 2009 dari Formasi Cerro Campamento yang mengandung fosil di dekat lokasi Cerritos Bayos di Chili utara.

"Ini juga mewakili pterosaurus pertama dari zaman Oxford yang diketahui dari superbenua ini," kata Munoz.

Namun, tidak adanya materi yang lebih lengkap dari yang ditemukan di Chile ini.

Penemuan ini dilaporkan dalam sebuah makalah yang diterbitkan online di jurnal Acta Palaeontologica Polonica.