Guci Keramik Berisi Zamrud Ditemukan di Kota Kuno Muisca Kolombia

Minggu, 26 September 2021 - 14:06 WIB
loading...
Guci Keramik Berisi Zamrud Ditemukan di Kota Kuno Muisca Kolombia
Para arkeolog di Kolombia telah menemukan delapan guci keramik berisi penuh zamrud dan patung-patung logam di dalam sebuah kuil kuno Muisca. Foto/Francisco Corea
A A A
BOGOTA - Para arkeolog di Kolombia telah menemukan delapan guci keramik berisi penuh zamrud dan patung-patung logam di dalam sebuah kuil dan kuburan kuno yang dulunya dikenal sebagai kota Muisca.

Warga yan menghuni kota kuno ini dulunya dikenal sebagai Muisca. Mereka ini terkenal dengan keterampilan kerajinan logam mereka. Karya mereka mungkin telah mengilhami legenda El Dorado sebagai kota legendaris yang terbuat dari emas.

Para arkeolog menemukan kuil dan kuburan di sisa-sisa kota kuno Muisca yang terletak di dekat Bogota, ibu kota Kolombia. Sebuah tim yang dipimpin oleh arkeolog Francisco Correa, melakukan penggalian sebelum pekerjaan konstruksi dan menemukan Ofrendatarios atau guci keramik selama penggalian.



Beberapa patung terlihat seperti ular dan binatang lain, sementara yang lain lebih mirip orang dengan hiasan kepala, tongkat dan senjata. Kuil dimana Ofrendatarios ditemukan mungkin berhubungan dengan pemujaan leluhur.

"Kuil ini sangat sulit untuk dibangun, saya pikir ada semacam pemujaan terhadap leluhur," kata Correa kepada Live Science, Minggu (26/9/2021).

Ofrendatarios seperti ini telah ditemukan di situs Muisca kuno lainnya dan mungkin semacam persembahan. Mereka memiliki artefak di dalamnya yang sering mencakup patung-patung logam dan zamrud.

Muisca dianggap sebagai ahli dalam kerajinan logam. Ketika orang Spanyol bertemu dengan Muiska, mereka sangat kagum dengan karya emas mereka. Tidak ada tambang emas di kota tersebut, jadi Muisca kuno menukar mendapatkan emas dari pedagang yang datang ke kota itu.

Mengenai apakah karya logam Muisca , terutama karya emas mereka, mengilhami legenda El Dorado, Correa mengatakan kelompok itu memang memiliki tradisi di mana selama upacara tertentu seorang kepala suku akan muncul dengan lumuri bahan yang mengandung partikel emas. "Upacara ini adalah salah satu sumber dari mitos itu," kata Correa.



Upacara tersebut dicatat oleh orang-orang Spanyol yang menjajah wilayah tersebut. Sejak itu muncul legenda kota emas El Dorado di kawasan itu.

Antara tahun 1537 hingga 1540 Masehi, Spanyol menaklukkan wilayah tersebut dan banyak Muisca jadi korban selama pertempuran. Meskipun mengalami kehancuran, Muisca bertahan dan ribuan keturunan mereka hidup sampai hari ini.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2221 seconds (0.1#10.140)