Video Amatir Rekam Bola Api Melesat dan Jatuh di Dekat Pantai Carolina

Selasa, 28 September 2021 - 12:03 WIB
loading...
Video Amatir Rekam Bola Api Melesat dan Jatuh di Dekat Pantai Carolina
American Meteor Society (AMS) melaporkan, lebih dari 80 orang melihat bola api itu pada Jumat 24 September 2021. Foto/dok
CAROLINA - Sebuah video amatir merekam bagaimana bola api yang spektakuler melesat dengan kecepatan 51.500 kilometer per jam melintasi langit dan jatuh di dekat Pantai Carolina utara, Amerika Serikat. American Meteor Society (AMS) melaporkan, lebih dari 80 orang melihat bola api itu pada JUmat 24 September 2021.

Menurut NASA, bola api tersebut hanyalah satu dari lima meteor yang dilaporkan melintas di atas langit Amerika Serikat malam itu. Meteor melesat dekat pantai Carolina utara di atas lautan lepas Camp Lejeune, sekitar pukul 19:40. ET.

BACA: LAPAN Ragu Ada Meteor Jatuh di Puncak Merapi

Dilansir Live Science, Selasa (28/9/2021), meteor yang menyala terang mengikuti lintasan timur laut melesat sejauh 42 km melalui atmosfer atas Bumi sebelum hancur di 45 km di atas Morehead City, North Carolina.



Rekaman video, yang diambil dari kamera teras sebuah rumah di Rowland Pond, North Carolina, menunjukkan batu luar angkasa itu meninggalkan jejak api yang mempesona di langit malam sebelum menghilang di balik tutupan pohon yang jauh. Jika bola api meledak di langit Carolina, itu dapat menyebabkan kerusakan serius.



Peristiwa meteor paling eksplosif dalam sejarah baru-baru ini, yang terjadi di atas kota Chelyabinsk di Rusia tengah pada tahun 2013. Meteor itu menciptakan ledakan yang kira-kira setara dengan 400-500 kiloton TNT, atau 26 hingga 33 kali energi yang dilepaskan oleh bom Hiroshima.

Bola api menghujani Chelyabinsk dan sekitarnya, merusak bangunan, memecahkan jendela dan melukai sekitar 1.200 orang. Ledakan Chelyabinsk jauh dari peristiwa paling apokaliptik yang disebabkan oleh bola api.

BACA JUGA: Kelamaan Nganggur, Toyota Camry di Thailand Diubah Jadi Kebun Sayur

Bukti arkeologi terbaru menunjukkan bola api meledak di atas kota kuno Timur Tengah Tall el-Hamman sekitar 3.600 tahun yang lalu. Ledakan itu, sekitar 1.000 kali lebih kuat daripada bom Hiroshima.



Akibat ledakan itu, seluruh kota langsung terbakar dan langsung diratakannya oleh gelombang kejut yang kuat dan menewaskan semua penghuninya, Live Science sebelumnya melaporkan.
(ysw)
preload video
KOMENTAR ANDA