Peneliti Rekam Simpanse Liar Masturbasi Pakai Botol, Tiru Manusia?

Rabu, 29 September 2021 - 15:25 WIB
loading...
Peneliti Rekam Simpanse Liar Masturbasi Pakai Botol, Tiru Manusia?
Untuk pertama kalinya, para peneliti berhasil merekam perilaku simpanse liar yang tidak biasa karena melakukan masturbasi menggunakan botol. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Untuk pertama kalinya, para peneliti berhasil merekam perilaku simpanse liar yang tidak biasa karena melakukan masturbasi menggunakan botol.

Perilaku tak biasa dari simpanse liar ini terungkap dari laporan peneliti yang berasal dari Bulindi, Uganda pada Agustus 2018. Di mana simpanse jantan remaja bernama Araali terlihat memasukkan penisnya ke dalam botol plastik bekas.

Para ilmuwan melihat simpanse bermain dengan botol herbisida plastik kosong, membuat gerakan maju mundur dengan posisi alat vitalnya berada di mulut botol. Tim melaporkan wajah simpanse tersebut memperlihatkan mimik bermain dengan ekspresi mulut terbuka seperti saat mereka bersenang-senang.

BACA: Sangat Berharga di Indonesia, Ikan Mas Malah Dinggap Hama di Amerika

Sekarang ilmuwan sedang mencari tahu darimana perilaku masturbasi berasal pada simpanse liar. Tim tidak percaya itu terkait dengan cara untuk meningkatkan kualitas sperma atau sebagai saluran seksual, mengingat Araali adalah simpanse remaja dalam kelompok tersebut.

“Perilaku masturbasi Araali kemungkinan besar dihasilkan dari motivasinya untuk memeriksa dan bermain dengan objek manusia yang baru,” tulis para peneliti di koran.



Bentuk botol mungkin menimbulkan respons autoerotik Araali bahwa dia mengenali kesesuaiannya untuk tujuan itu. Mengingat Araali menunjukkan wajah bermain dengan botol menunjukkan perilaku masturbasinya 'menyenangkan'.

BACA JUGA: Kelamaan Nganggur, Toyota Camry di Thailand Diubah Jadi Kebun Sayur

Perilaku Araali ini sanat berbeda denan simpanse yang berada di kebun binatang atau penangkaran. Primata di sini biasanya melakukan masturbasi dengan tangan, kaki, dan mulut, di dinding kandang.

Melihat perilaku serupa di alam liar memperluas pemahaman bahwa kerabat terdekat manusia di dunia, yakni simpanse ternyata bisa melakukan masturbasi dengan benda buatan manusia.
(ysw)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1945 seconds (11.97#12.26)