Fosil Dinosaurus Penguasa Amerika Utara Ditemukan di New Mexico

Rabu, 06 Oktober 2021 - 11:27 WIB
Fosil Dinosaurus Penguasa Amerika Utara Ditemukan di New Mexico
Palaentolog menemukan sejumlah fosil chasmosaurine ceratopsid di sekitar Danau Hall di selatan-tengah New Mexico, Amerika Serikat. Foto/dok
NEW MEXICO - Palaentolog menemukan sejumlah fosil chasmosaurine ceratopsid di sekitar Danau Hall di selatan-tengah New Mexico, Amerika Serikat. Penemuan ini menunjukkan bahwa dinosaurus endemik ini telah menguasai Amerika Utara pada 72 tahun lalu.

Dr. Nick Longrich dari Milner Center for Evolution di University of Bath mengatakan, fosil ini merupakan spesies baru dinosaurus chasmosaurine ceratopsid. Dinosaurus ini memiliki rumbai di leher atas dan tanduk besar di atas mata.

Ini merpakan spesies kerabat dari dinosaurus ceratopsid Bravoceratops dan Coahuilaceratops yang hidup berkelompok di barat daya Amerika Serikat dan Meksiko. Spesies ini telah mendiami kawasan itu lebih dahulu dari Triceratops dinosaurus ceratopsid.

Dinosaurus ini membentuk kelompok yang hanya hidup di barat daya Amerika Utara, berbeda dengan kelompok ceratopsid yang hidup di utara.

"Ini menunjukkan bahwa dinosaurus yang berbeda dan endemik mungkin telah menghuni berbagai bagian barat Amerika Utara selama Kapur Akhir, 72 juta tahun yang lalu," ujar Longrich seperti dikutip SCI News, Rabu (6/10/2021).

Spesies yang berbeda ini kemungkinan bertahan karena beradaptasi dengan iklim lokal, tanaman, predator, dan penyakit yang memberi mereka keunggulan dari predator lainnya.

Menurut ahli paleontologi, Sierraceratops turneri menambah keragaman dan perbedaan Chasmosaurinae serta memberikan bukti tambahan untuk endemisme Laramidian.

“Bersama dengan spesies baru, fauna dinosaurus Formasi Danau Hall menunjukkan bahwa Kapur terakhir Laramidia selatan dicirikan oleh clades endemik dan struktur komunitas yang berbeda,” katanya.