Bocah di Michigan Temukan Gigi Mastodon Berusia 11.000 Tahun

Kamis, 07 Oktober 2021 - 20:04 WIB
loading...
Bocah di Michigan Temukan Gigi Mastodon Berusia 11.000 Tahun
Bocah 6 tahun, Julian Gagnon menunjukkan gigi mastodon yang ditemukannya. Foto/Daily Mail
A A A
MICHIGAN - Seorang anak laki-laki berusia enam tahun di Michigan, Amerika Serikat telah menemukan fosil gigi mastodon, mamalia purba yang hidup di Amerika Utara dan Tengah sekitar 11.000 tahun yang lalu.

WDIV melaporkan, Julian Gagnon yang baru berusia enam tahun membuat penemuan mengejutkan saat berjalan bersama keluarganya di Cagar Alam Dinosaur Hill di Rochester Hills, Michigan.

"Saya baru saja merasakan sesuatu di kaki saya dan saya meraihnya, dan itu terlihat seperti gigi," kata Gagnon kepada WDIV, Kamis (7/10/2021).



Awalnya Gagnon mengira dia akan diberi imbalan uang atas penemuannya tetapi ternyata tidak. "Awalnya saya pikir saya akan mendapatkan satu juta dolar ternyata tidak," kata Gagnon.

Dilansir Daily Mail, Mastodon adalah kerabat purba gajah dan mamut yang diperkirakan telah musnah akibat ulah manusia. Mereka adalah salah satu hewan darat terbesar di Bumi pada saat itu, mencapai panjang 10 kaki dan berat 8 ton atau lebih.

Bocah di Michigan Temukan Gigi Mastodon Berusia 11.000 Tahun


Mastodon pergi sekitar akhir Era Pleistosen, sekitar 12.000 tahun yang lalu. Para ahli sebelumnya percaya bahwa mastodon tinggal di daerah Arktik dan Subarktik yang tertutup lapisan es.

Namun, mereka sekarang percaya bahwa daerah ini hanya sementara, karena iklim yang jauh lebih hangat sebelum kepunahan mereka. Mereka tinggal di hutan dan lahan basah yang penuh dengan makanan berdaun.

Menurut penanggalan radiokarbon baru-baru ini dari fosil mastodon, diyakini secara luas mereka menghilang sebelum manusia masuk ke wilayah tersebut.



Para ahli masih belum yakin mengapa hewan-hewan itu mati, tetapi sekarang berpikir bahwa mengubah habitat dari hutan ke tundra bisa berperan.

Arktik dan Subarktik hanyalah rumah sementara bagi mastodon ketika iklimnya hangat, menurut studi internasional baru. Tetapi data baru menunjukkan bahwa mastodon punah sekitar 75.000 tahun yang lalu, menyusul perubahan habitat dari hutan menjadi tundra.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2845 seconds (0.1#10.140)