Tunda Kiamat, Ilmuwan Lebih Suka Melakukannya dengan Cara Ini

Jum'at, 08 Oktober 2021 - 06:45 WIB
Tunda Kiamat, Ilmuwan Lebih Suka Melakukannya dengan Cara Ini
Mencegat asteroid yang bisa mengancam bumi dinilai sangat efektif untuk menunda kehancuran bumi dari serangan benda luar angkasa. Foto/dok
CALIFORNIA - Dalam waktu dekat NASA akan menerbangkan pesawat luar angkasa yang akan mencegat asteroid yang bisa mengancam bumi. Cara ini ternyata dinilai sangat efektif untuk menunda kehancuran bumi dari serangan asteroid.

Fisikawan dari Universitas Johns Hopkins di Maryland, Patrick King mengatakan cara ini seperti membuat garis pertahanan dari serangan luar. Begitus asteroid berada di jalur tabrakan dengan bumi, 'senjata' ini akan meledakan batu luar angkasa itu hingga berkeping-keping.

"Perhitungan terbaru ini menunjukkan bahwa pertahanan semacam itu sangat efektif dalam melindungi bumi dari serangan asteroid ketika waktu tumbukan kurang dari satu tahun," katanya seperti dikutip Science Alert.

BACA: Waspada, 25.000 Asteroid Berbahaya Diperkirakan Mengancam Bumi

Model-model yang dibuat oleh para peneliti melihat bom nuklir berkekuatan 1 megaton yang menghantam asteroid selebar 100 meter (328 kaki) mampu mengurangi resiko kiamat.

Lima orbit asteroid yang berbeda dianalisis, kemudian diledakan mulai dari seminggu hingga enam bulan sebelum tumbukan dengan bumi.

Untuk skenario di mana kita dapat menabrak asteroid dua bulan sebelum perkiraan, asteroid itu akan hancur menjadi sekitar 0,1 persen dari massa aslinya.

King mengaku itu menjadi pilihan terakir yangakan dipilih ilmuwan. Karena peneliti lebih menyukai membelokkan asteroid dari Bumi lebih awal karena dinilai lebih aman.