Ilmuwan Pastikan Batu Terbelah Al-Naslaa Bukan Ulah Alien

Sabtu, 09 Oktober 2021 - 21:05 WIB
Ilmuwan Pastikan Batu Terbelah Al-Naslaa Bukan Ulah Alien
Batu tersebut memiliki tinggi sembilan meter dan lebar tujuh meter dengan ukiran seolah-olah manusia sedang menunggang kuda. FOTO/IST
RIYADH - Batu besar bernama Al-Naslaa berasal dari batu pasir di gurun Tayma, di barat laut Arab Saudi hingga kini masih mengundang misteri. Namun para ahli geologi baru-baru ini, punya jawaban sendiri soal batu Al-Naslaa.

Seperti dilansir dari Mirros Sabtu (9/10/2021), Sebuah batu raksasa yang memiliki garis pemisah di tengahnya memunculkan teori konspirasi tentang bagaimana hal itu bisa terjadi.

Namun, bukan ukiran pada batu tersebut yang menarik perhatian masyarakat, melainkan belahan lurus pada bagian batu tersebut.

Beberapa orang mengira insiden itu terjadi karena alien mendarat di bumi.

Tim paranormal percaya spekulasi pemisahan batu setelah alien menembakkan laser ke beberapa planet dan secara tidak sengaja memotong batu menjadi dua.

Namun, Ahli Geologi Cherry Lewis mengatakan pembelahan itu adalah fenomena alam yang disebabkan oleh 'cuaca beku'.

Dia mengatakan bahwa ketika es mencair, air masuk ke bagian batu yang lebih dalam dan prosesnya berulang selama ribuan atau jutaan tahun hingga akhirnya 'terbelah dua'.

“Prosesnya diperparah dengan erosi angin yang terjadi di gurun pasir,” jelasnya.

Kebanyakan ahli geologi percaya bahwa perpecahan halus memiliki penyebab alami – gerakan tektonik. Bumi hanya bergeser sedikit, tetapi cukup untuk menyebabkan batu itu retak menjadi dua.

Namun, ada ilmuwan lain yang percaya bahwa perpecahan itu benar-benar garis patahan, karena material di sekitar patahan biasanya cenderung lebih lemah dan lebih mudah terkikis.

Ada orang yang percaya bahwa Al terbentuk dari tanggul gunung berapi dari beberapa mineral yang lebih lemah yang mengeras di sana sebelum semuanya digali.