Austria dan Israel Kirim 6 Ilmuwan untuk Simulasi Kehidupan Mars

Senin, 11 Oktober 2021 - 15:09 WIB
loading...
Austria dan Israel Kirim 6 Ilmuwan untuk Simulasi Kehidupan Mars
Di stasiun penelitian bernama AMADEE-20, enam orang ilmuwan ini akan melakukan 20 percobaan kehidupan di luar angkasa, bidang geologi, dan kedokteran. Foto/Reuters
ISRAEL - Sebanyak 6 orang ilmuwan yang terpilih untuk menjalani simulasi kehidupan di Mars terus dipantau kesehatannya. Di stasiun penelitian bernama AMADEE-20, enam orang ilmuwan ini akan melakukan 20 percobaan kehidupan di luar angkasa, bidang geologi, dan kedokteran.

Dikutip dari Reuters, Senin (11/10/2021), Habitat AMADEE-20 yang terletak di Kawah Ramon di gurun Israel selatan mensimulasikan bagaimana enam ilmuwan yang terdiri dari 5 pria dan satu wanita menjalani kehidupan seperti di Mars.

Selama satu bulan, mereka tidur, makan, dan melakukan eksperimen. Di luar AMADEE-20, mereka mengenakan pakaian luar angkasa tiruan yang dilengkapi dengan kamera, mikrofon, dan sistem pernapasan mandiri.

BACA: NASA Cari Sukarelawan untuk Tinggal di Mars Selama Setahun, Berminat?



"Kami memiliki moto, fail fast and fail cheap. Karena untuk setiap kesalahan yang kami buat di bumi ini, kami berharap tidak mengulanginya di Mars ," kata Gernot Gromer, direktur Antariksa Austria.

Asosiasi Austria menjalankan proyek AMADEE-20 bersama dengan Badan Antariksa Israel dan grup lokal D-MARS. Rencananya, simulasi kehidupan di Mars ini akan dilaksanakan 2020 lalu namun tertunda karena pandemi COVID-19.

"Habitatnya, saat ini, adalah yang paling kompleks, stasiun penelitian analog paling modern di planet ini," kata Gromer. Habitat merupakan struktur seluas 120 meter persegi yang berbentuk seperti dua kubah besar yang saling terhubung.

Austria dan Israel Kirim 6 Ilmuwan untuk Simulasi Kehidupan Mars


Gromer mengatakan, dalam simulasi ini seluruh anggota tim terus-menerus dipantau menggunakan kamera. Tanda-tanda vital mereka juga dipantau, termasuk pergerakan mereka untuk menganalisis tempat favorit untuk berkumpul. Semua ini untuk lebih memahami faktor manusia.
halaman ke-1
preload video
KOMENTAR ANDA