Sinyal Misterius Dikirim dari Bintang Katai di Luar Tata Surya ke Bumi

Selasa, 12 Oktober 2021 - 10:07 WIB
loading...
Sinyal Misterius Dikirim dari Bintang Katai di Luar Tata Surya ke Bumi
Para astronom menemukan sinyal misterius tak terduga dari empat bintai katai yang jaraknya 160 juta tahun cahaya dari tata surya. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Para astronom menemukan sinyal misterius tak terduga dari empat bintang katai yang jaraknya 160 juta tahun cahaya dari tata surya. Menurut analisis sinyal, aktivitas tersebut merupakan bukti keberadaan exoplanet yang tidak terlihat.

Astronom memastikan sinyal tersebut bukan datang dari peradaban asing di luar planet, melainkan hasil interaksi antara planet ekstrasurya dan medan magnet bintang. Interaksi itu menghasilkan aurora yang sangat kuat yang dapat dideteksi menggunakan Low Frequency Array (LOFAR), teleskop radio kuat yang ada di Belanda.

"Kami telah menemukan sinyal dari 19 bintang katai merah jauh, empat di antaranya paling baik dijelaskan oleh keberadaan planet yang mengorbitnya," kata fisikawan Benjamin Pope dari University of Queensland di Australia seperti dikutip Live Science, Selasa (12/10/2021).



Astronom sudah lama mengetahui bahwa planet-planet di Tata Surya kita memancarkan gelombang radio yang kuat saat medan magnetnya berinteraksi dengan angin matahari.

Namun sinyal radio dari planet-planet di luar Tata Surya kita belum pernah terdeteksi. Penemuan ini merupakan langkah penting untuk astronomi radio dan berpotensi mengarah pada penemuan planet di seluruh galaksi.

Diperkirakan bahwa planet yang mengorbit dekat bintang katai merah mungkin menghasilkan emisi serupa tetapi lebih kuat daripada yang dihasilkan oleh Jupiter dan Io, menghasilkan aurora di kutub bintang.

Emisi radio katai merah pertama yang konsisten dengan jenis interaksi ini ditemukan di bintang katai merah tahun lalu. Sekarang para ilmuwan telah membuat jaring yang lebih besar sehingga menghasilkan tiga bintang baru.

"Model kami untuk emisi radio dari bintang-bintang kami ini adalah versi Jupiter dan Io yang ditingkatkan," kata astronom Joseph Callingham dari Institut Radio Astronomi Belanda (ASTRON), yang memimpin penelitian ini.



Sejauh ini tim belum menemukan tanda-tanda exoplanet yang diisyaratkan oleh metode baru, selain dari emisi radio. Tetapi jika exoplanet ada di sana, pengamatan di masa depan menggunakan metode kecepatan radial dapat membantu mengungkapnya.

"Kami belum 100 persen yakin bahwa empat bintang yang kami pikir memiliki planet memang adalah inang planet," kata Pope.

Pope yakin penjelasan terbaik mengenai sinyal misterius itu adalah interaksi planet atau bintang. "Pengamatan lanjutan terus dilakukan tetapi kami mengesampingkan planet yang lebih masif dari Bumi," katanya.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0938 seconds (0.1#10.140)