Naskah Kuno Ungkap Orang Italia Lebih Dahulu Tahu Keberadaan Benua Amerika

Rabu, 13 Oktober 2021 - 06:11 WIB
loading...
Naskah Kuno Ungkap Orang Italia Lebih Dahulu Tahu Keberadaan Benua Amerika
Dokumen yang ditulis seorang biarawan Milan sekitar tahun 1345 mengungkapkan bahwa pelaut Italia lebih dahulu mengetahui benua Amerika. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Dokumen yang ditulis seorang biarawan Milan sekitar tahun 1345 mengungkapkan bahwa pelaut Italia lebih dahulu mengetahui benua Amerika sekitar 150 tahun sebelum Christopher Columbus berlayar ke sana.

Berjudul Cronica universalis dan ditulis oleh Galvaneus Flamma, karya ini ditulis dalam bahasa Latin dan saat ini tidak diterbitkan. Di dalamnya, Galvaneus mencoba merinci sejarah seluruh dunia, dari penciptaannya hingga abad ke-14.

"Kami berada di hadapan referensi pertama ke benua Amerika, meskipun dalam bentuk embrio, di daerah Mediterania," kata Paolo Chiesa, seorang profesor di Departemen Studi Sastra, Filologi, dan Linguistik di Universitas Milan, dikutip Science Alert, Rabu (13/10/2021).



Galvaneus menulis tentang tanah yang disebut Marckalada, sebelah barat Greenland, yang cocok dengan wilayah Markland yang disebutkan oleh beberapa sumber Islandia. Ini kemungkinan besar mengacu pada Labrador atau Newfoundland modern.

Pemikirannya adalah bahwa biarawan itu mendengar tentang Marckalada atau Markland melalui kontak dan informasi yang disampaikan dari Genoa, di pantai Italia di selatan Milan. Ini menimbulkan pertanyaan tentang apa yang sebenarnya diketahui oleh Columbus ketika dia berlayar ke barat pada tahun 1492.

"Apa yang membuat tentang Marckalada luar biasa adalah asal geografisnya: bukan wilayah Nordik, seperti dalam kasus penyebutan lain, tetapi Italia utara," tulis Chiesa dalam penelitian tersebut.

Columbus sendiri lahir di Genoa, meskipun ia berlayar dalam pelayarannya yang terkenal dari Spanyol. Bisa jadi Columbus tahu tentang tanah Amerika Utara dari para pelaut yang sering mengunjungi pelabuhan.



Genoa dikenal memiliki hubungan yang baik dengan utara, seperti yang ditunjukkan oleh peta geografi yang maju di sana pada zaman Galvaneus, mendukung gagasan bahwa biarawan itu memang tahu apa yang dia tulis.

Tampaknya pelaut Italia atau Catalan tidak pernah mendarat di Islandia atau Greenland, tetapi mereka mungkin pernah mendengar cerita dari bagian-bagian tersebut di rute perdagangan.

Marckalada atau Markland tidak cukup terkenal untuk dibuat menjadi dokumen resmi sekitar waktu yang sama. "Rumor ini terlalu kabur untuk menemukan konsistensi dalam representasi kartografi atau ilmiah," kata Chiesa.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1388 seconds (0.1#10.140)