Sabtu, 16 Oktober 2021 - 11:07 WIB
5 Hewan yang Sudah Punah Akibat Ulah Manusia, Salah Satunya di Indonesia
Salah satu hewan yang sudah punah akibat ulah manusia, harimau Jawa. Foto/Tropen Museum
JAKARTA - Hewan yang sudah punah akibat ulah manusia menjadi kerugian sendiri bagi ekosistem di satu wilayah karena sejatinya hewan merupakan rantai makanan untuk menjaga populasi di habitat tersebut.

Sayang karena ulah manusia yang melakukan perburuan atau pembalakan hutan, tak sedikit hewan yang ini sudah tinggal kenangan. Upaya pemerintah setempat bersama organisasi nirlaba untuk menjaga keberadaan hewan langka juga tak sepenuhnya berhasil.

Berikut deretan hewan yang sudah punah akibat ulah manusia yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Harimau Jawa

5 Hewan yang Sudah Punah Akibat Ulah Manusia, Salah Satunya di Indonesia

Harimau Jawa adalah spesies harimau yang telah dinyatakan punah dari muka bumi ini sejak tahun 1980-an. Kurang baiknya dalam menangani konservasi membuat hewan eksotis ini punah.

Desakan manusia untuk membuat pemukiman baru juga menyebabkan habitat hewan ini terus menghilang. Ditambah lagi, perburuan yang masih saat itu membuat keberadaan harimau Jawa sudah mulai langka.

International Union for Conservation Nature secara resmi mengumumkan bahwa harimau Jawa yang terakhir berada di Taman Nasional Meru Betiri, Jawa Timur pada tahun 1976. Sesudah itu harimau semakin menghilang dan akhirnya dinyatakan punah pada awal 1980-an.

2. Macan Tasmania