5 Hewan yang Sudah Punah Akibat Ulah Manusia, Salah Satunya di Indonesia

Sabtu, 16 Oktober 2021 - 11:07 WIB
loading...
A A A
5 Hewan yang Sudah Punah Akibat Ulah Manusia, Salah Satunya di Indonesia


Thylacine atau macan Tasmania adalah salah satu hewan karnivora yang menguasai hutan di Australia. Hewan ini mirip anjing doberman namun memiliki corak loreng di punggung hingga ke pangkal ekor.

Hewan ini tidak mengenal rasa takut dan memiliki kekuatan rahang yang sangat luar biasa sehingga membuat takut masyarakat Australia pada zaman itu.

Karena manusia merasa terancam, akhirnya dilakukan perburuan besar-besaran yang membuat hewan ini mulai langka. Hewan Thylacine terakhir di dunia berada di Kebun Binatang Hobart hingga mati pada 1930-an.

3. Zebra Afrika

5 Hewan yang Sudah Punah Akibat Ulah Manusia, Salah Satunya di Indonesia


Quagga atau Zebra Afrika adalah hewan endemi hutan Afrika dan keberadaannya sudah punah sejak tahun 1800-an. Melihat tampilannya, hewan ini mirip dengan perpaduan antara zebra dan kuda.



Ini terlihat dari bentuk kepala sampai leher yang menyerupai zebra dengan lurik hitam putih. Sedangkan di bagian badan hingga kaki menyerupai kuda. Hewan ini diburu untuk diambil daging dan kulitnya.

Ilmuwan mencoba menghidupkan kembali hewan ini beberapa waktu lalu melalui sperma Quagga yang diawetkan. Setelah menemukan indukan zebra yang hampir mirip dengan Quagga, ilmuwan berusaha melakukan kloning tapi gagal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2122 seconds (0.1#10.140)