Daripada Tabrakan Pesawat ke Asteroid, Cara Ini 99% Berhasil Tunda Kiamat

Selasa, 19 Oktober 2021 - 07:00 WIB
Daripada Tabrakan Pesawat ke Asteroid, Cara Ini 99% Berhasil Tunda Kiamat
Penelitian terbaru, tembakan nuklir berkekuatan megatone ke astreoid bisa menghindari bumi dari ancaman kehancuran. Foto/dok
MARYLAND - Penelitian terbaru yang dilakukan Universitas Johns Hopkins, di Baltimore, Maryland menemukan, tembakan nuklir berkekuatan megatone ke asteroid bisa menghindari bumi dari ancaman kehancuran.

Tak hanya itu, ledakan nuklir berkekuatan megatone itu juga akan menghancurkan asteroid tanpa meninggalkan ribuan fragmen besar yang masih bisa mengancam Bumi.

"Jika kita menggunakan tembakan nuklir yang kuat setidaknya enam bulan sebelum tumbukan, kita dapat mencegah 99 persen asteroid itu menghantam Bumi," kata penulis utama studi Patrick King kepada Gizmodo.

Tidak seperti di film Armageddon yang perlu mengebor asteroid untuk menanam nuklir, tim Universitas Johns Hopkins percaya bahwa cukup dengan menembakkan nuklir dari bumi ke asteroid bisa menghentikan ancaman tersebut.

Untuk memahami jalur sebenarnya dari fragmen asteroid yang hancur, tim mensimulasikan orbit dan lintasan yang dihasilkan, melacak mereka dari ledakan nuklir megaton hingga orbit yang dihasilkan di sekitar matahari.

Dikutip Dailymail, Senin (18/10/2021), simulasi mereka menemukan bahwa nuklir megaton yang kekuatannya 50 kali lebih besar dari Hirosima akan berhasil jika diledakan di dekat permukaan batu ruang angkasa 328 kaki (100 m) saat menuju ke Bumi.

Mereka menguji temuan mereka di lima jarak yang berbeda dari planet ini dan berhasil. Jelas, semakin dini dampak nuklir ditembakkan, semakin baik karena semakin mengurangi volume material yang masuk ke bumi.

Untuk menghasilkan kemungkinan 99 persen pecahan asteroid besar tidak mengarah ke bumi, asteroid itu harus ditembak nuklir enam bulan sebelumnya mencapai orbit bumi.

"Kami menemukan bahwa tembakan nuklir dapat menjadi strategi pertahanan planet yang sangat efektif," katanya. Temuan ini telah dipublikasikan dalam jurnal Acta Astronautica.

Seperti diketahui, NASA akan meluncurkan misi untuk membelokkan asteroid menggunakan pesawat ruang angkasa pada akhir November.

Dikenal sebagai misi Double Asteroid Redirection Test (DART), badan antariksa AS akan mengirim pesawat ruang angkasa DART ke sepasang asteroid - biner Didymos - pada pukul 01:20 EST pada 24 November 2021 di atas roket SpaceX Falcon 9 dari Vandenberg Space Force Pangkalan di California.

DART akan menabrak salah satu dari dua asteroid , yang dikenal sebagai Didymoon, dengan kecepatan sekitar 13.500 mph pada 2 Oktober 2022.

Dengan melakukan itu, akan mengubah kecepatan Didymoon sepersekian persen, tetapi itu akan cukup sehingga NASA dapat mengukur orbitnya yang berubah. Ini akan memberikan masukan berharga ke dalam misi masa depan untuk membelokkan asteroid.

Dengan lebar sekitar 160 meter (524 kaki), Didymoon mengorbit batu ruang angkasa yang jauh lebih besar yang dikenal sebagai Didymos yang lebarnya sekitar 780 meter. Didymoon datang relatif dekat dengan Bumi pada tahun 2003 dalam jarak 3,7 juta mil.