Jejak Kehidupan Berusia 2,5 Miliar Tahun Terjebak di Dalam Batu Rubi Purba

Senin, 25 Oktober 2021 - 20:24 WIB
loading...
Jejak Kehidupan Berusia 2,5 Miliar Tahun Terjebak di Dalam Batu Rubi Purba
Jejak kehidupan kuno tersimpan di dalam batu rubi berusia 2,5 miliar tahun yang ditemukan di Greenland. Foto/dok
A A A
TORONTO - Jejak kehidupan kuno tersimpan di dalam batu rubi berusia 2,5 miliar tahun yang ditemukan di Greenland. Batu rubi tertua di bumi ini terbuat dari mineral merah transparan yang disebut korundum.

Dikutip dari Live Science,Senin (25/10/2021), saat mencari batu rubi di Kraton Atlantik Utara di Greenland selatan, sekelompok peneliti menemukan satu batu yang unik. Grafit atau bentuk karbon murni yang terkandung di dalamnya diperkirakan sisa-sisa kehidupan mikroba purba.



"Grafit di dalam batu rubi ini benar-benar unik. "Ini pertama kalinya kami melihat bukti kehidupan purba di dalam batu rubi," kata Chris Yakymchuk, profesor Ilmu Bumi dan Lingkungan di Universitas Waterloo di Ontario, Kanada, dalam sebuah pernyataan.

Tim menyimpulkan grafit berasal dari bentuk kehidupan kuno , setelah mereka menganalisis rasio berbagai versi, atau isotop, karbon dalam grafit. Lebih dari 98% karbon di planet ini memiliki massa 12 satuan massa atom, tetapi beberapa atom karbon lebih berat dengan massa 13 atau 14 satuan massa atom.

"Berdasarkan peningkatan jumlah karbon 12 dalam grafit ini, kami menyimpulkan bahwa atom karbon makhluk hidup purba ini kemungkinan besar mikroorganisme mati seperti cyanobacteria," katanya.



Cyanobacteria dianggap sebagai kehidupan pertama di Bumi dan melalui miliaran tahun mengubah sinar matahari menjadi energi kimia. Mereka secara bertahap menghasilkan oksigen yang diperlukan untuk kehidupan.

Meskipun kuno, batu delima yang mengandung grafit ini bukanlah bukti tertua kehidupan yang ditemukan sejauh ini. Namun ini adalah pertama kalinya kehidupan kuno ditemukan di dalam batu rubi.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1467 seconds (0.1#10.140)