Ilmuwan Temukan Obat Awet Muda dari Bahan yang Menjijikkan

Kamis, 28 Oktober 2021 - 08:01 WIB
Ilmuwan Temukan Obat Awet Muda dari Bahan yang Menjijikkan
Obat awet muda dari bahan menjjikkan ditemukan oleh sekelompok ilmuwan. FOTO/ IST
LONDON - Sekelompok ilmuwan berhasil mengembangkan metode anti penuaan dengan menggunakan bahan yang menjijikkan yakni kotoran. Cara ini diklaim terbukti mampu mengilangi penuaan hingga 70%.

Seperti dilansir dari Daily Star Rabu (27/10/2021), penelitian yang dilakukan di University College of Cork, Irlandia, menggunakan tikus sebagai bahan percobaan, di mana kotoran tikus muda dimasukkan ke dalam usus tikus yang lebih tua menggunakan tabung.

Setelah proses tersebut dilakukan, tikus-tikus tua tersebut mulai menunjukkan beberapa efek positif antara lain peningkatan kemampuan belajar, peningkatan daya ingat dan penurunan tingkat kecemasan.

Penulis utama studi tersebut, John Cryan, mengatakan dia dan timnya berencana untuk menggunakan hasil studi tersebut untuk menyelidiki hubungan antara usus dan otak di masa depan.

Selanjutnya, mereka berniat melakukan penelitian serupa pada manusia untuk melihat apakah bisa membuat manusia kembali muda.

“Jika manusia dapat mempertahankan fungsi kognitifnya dalam kondisi baik untuk jangka waktu yang lama dan jika mereka kurang sensitif terhadap infeksi dan efek imunisasi, maka akan berdampak besar pada kualitas hidup sehari-hari,” katanya.