Cari Kehidupan Alien, NASA Sarankan Gunakan Standar COLD

Senin, 01 November 2021 - 19:05 WIB
loading...
Cari Kehidupan Alien, NASA Sarankan Gunakan Standar COLD
NASA mengaku belum ada kerangka yang jelas untuk menemukan kehidupan alien. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Ilmuwan NASA yakin manusia tidak sendiri dan masih mencari kehidupan lain yang ada di luar angkasa. Sejauh ini, NASA dan sejumlah negara Eropa menggelontorkan dana besar untuk mencari kehidupan Alien .

Namun NASA mengaku belum ada kerangka yang jelas untuk menemukan kehidupan alien ini. Dalam sebuah karya perspektif yang diterbitkan di Nature, para peneliti NASA membahas perlunya pendekatan metodis sebelum kehidupan alien terungkap.

"Mungkin generasi selanjutnya secara realistis bisa menjadi orang yang menemukan bukti kehidupan di luar Bumi. Dengan potensi ini, mulai dari sekarang harus dipikirkan langkah apa yang harus diambil," tulis para ilmuwan dalam penelitiannya yang dikutip IFL Science, Senin (1/11/2021).



Ilmuwan menyarankan kemungkinan skala yang disebut Confidence of Life Detection (COLD). Ini memiliki tujuh tingkat, untuk memastikan apa yang kita lihat adalah kehidupan yang tidak dapat disangkal.

Level 1 adalah pendeteksian sinyal yang bisa bersifat biologis. Langkah selanjutnya adalah mengesampingkan kontaminasi manusia atau duniawi.

Dua tingkat berikutnya fokus untuk memastikan itu adalah peristiwa biologis dan bukan kimia yang tidak terkait dengan kehidupan.

Untuk mencapai level 3 memerlukan pembuktian bahwa sumber biologis dapat menghasilkan sinyal dan level empat memerlukan pengecualian semua sumber non-biologis di lingkungan tersebut.

Level 5 dicapai ketika sinyal independen tambahan dari biologi terdeteksi. Level 6 tercapai ketika semua hipotesis alternatif diumumkan setelah deteksi pertama dikecualikan. Dan akhirnya, level 7 adalah konfirmasi independen dari lebih banyak perilaku biologis.



Menerapkan skala COLD sebenarnya bisa memudahkan ilmuwan dalam melanjutkan penelitian itu. Misalnya meteorit Mars berusia 4,5 miliar tahun yang terkenal, ALH84001, yang mungkin memiliki bukti proses kehidupan purba di dalamnya, mencapai level maksimum 3 COLD.

"Menyadari potensi ini membutuhkan dialog tingkat komunitas di antara ilmuwan, teknolog, dan media untuk menyepakati standar objektif bukti kehidupan dan praktik terbaik untuk mengomunikasikan bukti itu," tulis para ilmuwan di jurnal Nature.

Skala COLD mungkin bukan skala yang ditetapkan oleh komunitas ilmiah global, tetapi kerangka kerja untuk menyetujui apa yang akan dianggap sebagai bukti kehidupan di tempat lain di alam semesta.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1293 seconds (0.1#10.140)