5 Fakta Keberadaan Pulau Emas Kerajaan Sriwijaya yang Misterius

Selasa, 02 November 2021 - 14:42 WIB
loading...
A A A
Kendati belum ada bukti arkeologis, namun sejumlah arkeolog meyakini ada dua kemungkinan hilangnya peradaban Kerajaan Sriwijaya: akibat tenggelam di sungai dan dampak letusan vulkanik gunung berapi.

Arkeolog Kingsley mengatakan, rapuhnya kota di atas air yang dibangun Kerajaan Sriwijaya membuat kota itu seperti lenyap ke dalam air.

Kemungkinan lainnya, peristiwa geologis yang terkait dengan aktivitas vulkanik di pulau Sumatera dapat mengubur situs Kerajaan Sriwijaya dan sejumlah peninggalannya.



5. Mitos Pulau Emas Dihuni Ular Pemakan Manusia

Berdasarkan sejumlah catatan yang dibuat pedagang yang pernah berkunjung ke Sriwijaya, mereka menggambarkan kalau Pulau Emas itu memiliki gunung berapi yang menyemburkan asap dan api, ular pemakan manusia, dan burung yang bisa menirukan ucapan manusia.

Catatan tersebut juga menulis adanya pelaut bersenjata lengkap yang siap menyerang kapal apa saja yang mencoba lewat tanpa memasuki Kerajaan Sriwijaya.

Kingsley mengungkapkan, cerita-cerita itu dapat memberikan gambaran tentang Pulau Emas walau sedikit sensasional karena mengungkapkan sedikit tentang kehdiupan sehari-hari di tempat tersebut.
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1252 seconds (0.1#10.140)