Fosil Kayu Purba Berukuran Besar Ditemukan di Lampung

Rabu, 03 November 2021 - 16:42 WIB
loading...
Fosil Kayu Purba Berukuran Besar Ditemukan di Lampung
Fosil kayu purba berukuran besar yang diduga berusia jutaan tahun ditemukan di sungai Kecamatan Bahuga Kabupaten Way Kanan Lampung pada Selasa (2-11-2021). FOTO/ YUSWANTORO/SINDOnews
A A A
LAMPUNG - Fosil kayu purba berukuran besar yang diduga berusia jutaan tahun ditemukan seorang Youtuber di sungai Kecamatan Bahuga Kabupaten Way Kanan Lampung pada Selasa (2-11-2021).

Youtuber yang juga berprofesi sebagai dokter tersebut Aldo Aprizo, mengatakan bahwa, itu adalah penemuan yang sangat berharga, karena kayu bisa sampai menjadi batu seperti itu, membutuhkan proses waktu yang bukan sebentar.


"Bahkan beberapa peneltian menyebutkan, ada yang sampai memakan waktu jutaan tahun, untuk kayu bisa menjadi batu. selain itu, fosil ini sangat besar dan panjang, kurang lebih panjangnya kemungkinan bisa mencapai 20 meteran. kalau digali, melihat diameter kayunya," ungkap dr. Aldo kepada SINDOnews Rabu (11/2/2021).

Fosil kayu merupakan kayu keras yang membeku karena semua bahan organiknya telah tergantikan oleh mineral, namun struktur kayunya tetap terjaga.

Dalam Wikipedia disebutkan bahwa proses fosil terjadi di bawah tanah, ketika kayu terkubur di bawah lapisan sedimen. Air yang banyak mengandung mineral masuk ke dalam sel-sel tanaman dan sementara lignin (zat komponen penyusun kayu) dan selulosa (komponen struktur utama dinding sel tanaman hijau) membusuk, mereka digantikan oleh batu.

Fosil kayu terbentuk melalui permineralisasi secara kimia dan fisika melalui proses panjang dan lama. Hewan dan tumbuhan yang mati dapat menjadi fosil apabila segera tertutup oleh sedimen.

Sedimen berupa mineral seperti (kuarsa, silika, besi, kalsit) yang terbawa oleh air masuk melalui dinding sel-sel kayu (imprenasi). Proses panjang ini kemudian membuat struktur kayu menjadi keras seperti batu.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1530 seconds (0.1#10.140)