Ini Alasan Bunga Bangkai Terancam Punah, Salah Satunya Karena Mitos

Kamis, 04 November 2021 - 21:33 WIB
loading...
A A A
Karena rusaknya habitat asli bunga bangkai membuat serangga yang biasa melakukan penyerbukan juga menghilang. Padahal, bunga bangkai tidak bisa melakukan penyerbukan sendiri agar tongkolnya matang dan berbunga.



Penyerbukan bunga bangkai perlu bantuan serangga atau manusia karena bunga jantan dan betina tidak bisa matang berbarengan. Bunga betina biasanya masak malam hari sedangkan bunga jantan masak keesokan harinya.

Mitos

Penyebab langkanya bunga bangkai di hutan juga disebabkan karena mitos yang berkembang di masyarakat. Karena ukurannya yang besar bunga bangkai dianggap sebagai pohon pemakan manusia sehingga langsung ditebang jika ditemukan.

Selain itu, tangkai daunnya yang memiliki corak seperti ular membuat masyarakat mengira Amorphophallus titanum merupakan tanaman pemanggil ular. Makanya begitu menemui bunga bangkai di hutan atau ladang, mereka akan langsung mencincangnya.

Sedangkan di Bengkulu, masih terdapat juga masyarakat yang termakan mitos adanya batus mustika di dalam bunga bangkai. Makanya begitu menemui bunga tersebut, mereka langsung membelahnya untuk mencari batu mustika tersebut.
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2354 seconds (0.1#10.140)