Mengapa Salju Turun di Arab Saudi: Benarkah Ini Fenomena Langka?

Jum'at, 05 November 2021 - 16:06 WIB
loading...
Mengapa Salju Turun di Arab Saudi: Benarkah Ini Fenomena Langka?
Fenomena salju turun di Arab Saudi pada 18 Februari 2021, tepatnya di wilayah Tabuk, menjadi perhatian masyarakat luas di media sosial dan mendapat pemberitaan yang luas. Foto/@Strange_Sounds
A A A
TABUK - Masih ingat fenomena hujan salju turun di Arab Saudi yang bikin heboh pada pertengahan Februari 2021? Fenomena salju turun di Arab Saudi pada 18 Februari 2021, tepatnya di wilayah Tabuk, menjadi perhatian masyarakat luas di media sosial dan mendapat pemberitaan yang luas.

Bahkan video seekor unta yang tertutup salju di Tabuk, Arab Saudi, menjadi tren di Twitter. Kejadian ini menimbulkan pertanyaan, mengapa salju turun Arab Saudi? Padahal negara kayak minyak itu sebagian besar wilayahnya gurun dengan temperatur panas, suhu tertinggi bisa mencapai 55 derajat celcius.

Pertama yang harus dipastikan, salju turun di wilayah Tabuk, tepatnya di Jabal al-Lawz (Jabal al-Loz). Jabal al-Lawz berarti Gunung Almond karena di sana banyak ditemukan pohon Almond. Tabuk yang berada di sebelah Barat Laut Arab Saudi memiliki letak geografis berada di ketinggian 750 meter dan berjarak sekitar 193 kilometer dari Laut Merah.

Wilayah Tabuk berbatasan dengan Yordania dan di sebelah pesisir Barat Laut berbatasan dengan Laut Merah, Mesir. Letak geografis ini mempengaruhi cuaca di Tabuk, ada musim panas dan musim dingin. Untuk musim panas berlangsung selama 4,4 bulan, dari 20 Mei sampai 1 Oktober. (Baca juga; Warga dan Pengunjung Sambut Salju Turun Pertama di Tabuk Arab Saudi )

Sedangkan musim dingin berlangsung selama 2,9 bulan, dari 29 November sampai 25 Februari, suhu tertinggi harian rata-rata di wilayah Tabuk di bawah 22 derajat celcius. Waktu paling dingin dalam setahun di Tabuk adalah bulan Januari, dengan rata-rata suhu terendah 5 derajat celcius dan tertinggi 18 derajat celcius.

Data dari britannica.com suhu minimum yang tercatat di wilayah utara Arab Saudi yang berbatasan dengan Yordania –termasuk Tabuk- adalah 10 derajat Farenheit atau minus 12 derajat celcius, terjadi pada tahun 1950. Ketika itu disertai dengan hujan salju yang signifikan dan ketebalan salju sekitar 1 inci atau 2,6 cm.
Mengapa Salju Turun di Arab Saudi: Benarkah Ini Fenomena Langka?

Juru bicara resmi Otoritas Umum Meteorologi dan Perlindungan Lingkungan Arab Saudi, Hussein Al-Qahtani mengatakan, cuaca di wilayah utara Tabuk dipengaruhi oleh gelombang kutub. Bahkan pada musim dingin biasa disertai hujan salju yang lebat. (Baca juga; Salju Turun di Arab Saudi Pertanda Kiamat Sudah Dekat? )

Dia menambahkan bahwa cuaca bersalju yang disaksikan Kamis 18 Februari 2021 tidak diklasifikasikan sebagai badai salju, melainkan sebagai hujan salju ringan. Suhu musim dingin tahun ini juga tidak separah tahun sebelumnya.

“Kami telah memperhatikan dalam beberapa tahun terakhir bahwa penurunan suhu telah melebihi 8 derajat Celcius di bawah nol di beberapa wilayah. Namun, sejauh ini kami belum mencatat penurunan suhu yang tajam dan tidak menghadapi gelombang kutub yang parah seperti tahun-tahun sebelumnya,” kata Hussein Al-Qahtani kepada Asharq Al-Awsat.

Jadi fenomena salju yang turun di Arab Saudi, atau tepatnya di Tabuk, pada 18 Februari 2021, merupakan kejadian siklus alam atau kondisi cuaca yang biasa terjadi sana. Bahkan pemerintah Arab Saudi menjadikan wilayah Tabuk sebagai destinasi wisata bagi turis yang ingin menyaksikan salju pada musim dingin.

“Untuk menikmati salju, Anda dapat mengunjungi Tabuk dan mendaki puncak Jabal al-Lawz yang tertutup salju. Badai kuat yang membawa suhu di bawah nol derajat telah mengubah sebagian gurun Arab Saudi menjadi negeri ajaib musim dingin,” tulis saudiseasons.com.
Mengapa Salju Turun di Arab Saudi: Benarkah Ini Fenomena Langka?

Bahkan laman visitsaudi.com menawarkan keajaiban wisata musim dingin di Tabuk dengan tagline Rasakan Keajaiban Musim Dingin Arab. “Untuk mengalami pemandangan salju musim dingin yang tiada duanya, pergilah ke utara di Saudi. Ya, salju memang turun di Saudi, terutama di pegunungan di wilayah utara.”

“Nikmati pemandangan semak-semak yang membeku dan puncak gunung yang diselimuti dan saksikan unta-unta berjalan melintasi arus ajaib musim dingin. Ketika salju turun di Saudi, rasakan kegembiraan di antara penduduk setempat,” tulis visitsaudi.com.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2334 seconds (0.1#10.140)