Negara Paling Kering di Dunia, Ini 10 Lokasinya

Minggu, 14 November 2021 - 20:28 WIB
loading...
A A A
Al-Kufrah, Libya
Negara Paling Kering di Dunia, Ini 10 Lokasinya

Rata-rata curah hujan: 0,860 milimeter (0,0338 inci) per tahun.
Al-Kufrah di Libya merupakan tempat terkering di Afrika, meskipun memeiliki beberapa oasis sebagai sumber air. Di wilayah ini dapat ditemukan tanaman buah persik dan apricot. Di dekatnya terdapat gurun dengan dataran rendah dan tertutup oleh pasir hingga 980 kaki (300 meter) tingginya.

Arica, Chile
Negara Paling Kering di Dunia, Ini 10 Lokasinya

Rata-rata curah hujan: 0,761 milimeter (0,03 inci) per tahun.
Arica adalah kota pelabuhan yang kering dan jarang turun hujan. Arica memang memiliki tingkat kelembapan yang tinggi. Walaupun udara basah, kelembapan tidak sampai ke wilayah tersebut. Gurun Atacama di sekitarnya membuat wilayah ini jadi daerah bayangan hujan. Akibat udara kering dari gurun, wilayah tersebut belum pernah turun hujan lebih dari 500 tahun.

Dry Valleys, Antartika
Negara Paling Kering di Dunia, Ini 10 Lokasinya

Rata-rata curah hujan: 0.
Meskipun Antartika tampak sebagai wilayah yang tertutup salju, Dry Valleys sebenarnya tempat terkering di dunia. Lembah yang memiliki kelembapan sangat rendah dan hampir tidak ada es atau salju menutupi daerah es terbesar di dunia itu. (Baca juga; Lubang Ozon di Atas Antartika Semakin Membesar, NASA Sebut Luasnya 24,8 Juta Km Persegi )

Pegunungan di dekatnya yang cukup tinggi membuat tempat itu tertutup dari arah laut hingga lembah. Kondisi unik disebabkan oleh katabarik angin yang kuat saat dingin, sehingga udara padat ditarik turun oleh gravitasi. Kecepatan angin bisa mencapai 200 mil per jam. Udara panas yang turun menyebabkan semua air, es, dan salju menguap. Lembah ini dianggap hampir sama kondisinya dengan planet Mars.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1525 seconds (0.1#10.140)