Astronom Temukan Kandidat Planet ke-9 Pengganti Pluto

Rabu, 17 November 2021 - 08:33 WIB
loading...
Astronom Temukan Kandidat Planet ke-9 Pengganti Pluto
Astronom menemukan kandidat planet kesembilan karena mengorbit dengan aneh di bawah pola gravitasi yang besar. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Setelah memastikan Pluto bukan planet, astronom mengamati obyek misterius selama bertahun-tahun di ujung tata surya. Astronom menengarai kalau obyek tersebut bisa saja planet kesembilan karena mengorbit dengan aneh di bawah pola gravitasi yang besar.

Astronom Michael Rowan-Robinson dari Imperial College London di Inggris melakukan analisis data yang dikumpulkan oleh Infrared Astronomical Satellite (IRAS) pada tahun 1983, dan menemukan trio sumber titik yang mungkin saja Planet Sembilan.

"Mengingat kualitas deteksi IRAS yang buruk, pada batas survei, dan di bagian langit yang sangat sulit untuk deteksi inframerah jauh, kemungkinan calon itu nyata tidak terlalu besar," tulisnya seperti dikutip Science Alert, Rabu (17/11/2021).



Spekulasi tentang keberadaan planet tersembunyi di bagian terluar Tata Surya telah berputar selama beberapa dekade, tetapi mencapai puncak baru pada tahun 2016 dengan publikasi makalah yang mengusulkan bukti baru.

Astronom Mike Brown dan Konstantin Batygin dari Caltech menemukan bahwa benda-benda kecil di Sabuk Kuiper luar Tata Surya mengorbit dengan aneh, seolah-olah didorong ke dalam pola di bawah pengaruh gravitasi sesuatu yang besar.

Benda misterius itu bisa menjadi lima hingga 10 kali massa Bumi, mengorbit pada jarak antara 400 dan 800 unit astronomi. Objek ini sangat jauh, dan cukup kecil dan dingin dan mungkin tidak memantulkan banyak sinar matahari sama sekali.

IRAS beroperasi selama 10 bulan sejak Januari 1983, melakukan survei inframerah-jauh terhadap 96 persen langit. Dalam panjang gelombang ini, objek kecil dan keren seperti Planet Sembilan mungkin dapat dideteksi, jadi Rowan-Robinson memutuskan untuk menganalisis ulang data menggunakan parameter yang konsisten dengan Planet Sembilan.



"Studi dinamis diperlukan untuk memeriksa apakah objek seperti itu konsisten dengan ephemerides objek Tata Surya lainnya dan apakah objek ini dapat menjelaskan pengelompokan orbit planet kerdil sabuk Kuiper," tulis Rowan-Robinson.

Sebelumya, Pluto disebut planet setelah ditemukan melalui Observatorium Lowell di Flagstaff, Arizona pada tanggal 18 Febtuari 1930. Namun The International Astronomy Union menganulir Pluto sebagai planet kesembilan pada tahun 2006 karena dianggap tidak memenuhi kriteria.

Karena untuk disebut sebagai planet harus memenuhi beberapa kriteria, seperti mengorbit sebuah bintang yang cukup besar untuk memiliki gravitasi sendiri, tidak terlalu besar untuk menciptakan fusi termonuklir, dan telah “membersihkan” lingkungan sekitar orbitnya.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2431 seconds (0.1#10.140)