Kamis, 18 November 2021 - 21:43 WIB
Daftar 10 Asteroid Terbesar yang Pernah Menghantam Bumi
ara ahli dan peneliti ilmuwan menyatakan, dalam 600 juta tahun terakhir sekitar 60 asteroid atau benda serupa berukuran diameter sekitar 3 mil lebih (5 km) telah menghantam bumi. Foto/Ist/worldatlas
Sudah berkali-kali asteroid besar pernah menghantam Bumi dan meninggalkan kawah besar. Sebab, energi dari tumbukan asteroid yang keras menimbulkan efek hampir sama dengan bom nuklir. Para ahli dan peneliti ilmuwan menyatakan, dalam 600 juta tahun terakhir sekitar 60 asteroid atau benda serupa berukuran diameter sekitar 3 mil lebih (5 km) telah menghantam bumi.

Dalam sejarah modern, peristiwa Tunguska di Rusia pada tahun 1908 adalah contoh yang nyata. Peristiwa tumbukan asteroid ini membakar sekitar 80 juta pohon di hutan seluas 830 mil persegi (1.335,76 km persegi). (Baca juga; NASA Deteksi Asteroid Setinggi Menara Eiffel Terbang Menuju Bumi )

Asteroid juga meninggalkan bekas tumbukan yang menganga berupa kawah yang lebar di permukaan Bumi. Berikut peristiwa tumbukan 10 asteroid terbesar di Bumi yang terjadi dikutip dari laman worldatlas;

1. Vredefort
Daftar 10 Asteroid Terbesar yang Pernah Menghantam Bumi

Tumbukan asteroid terbesar yang pertama menciptakan kawah Vredefort dengan radius 118,061 mil (190 km) di Provinsi Free State, Afrika Selatan, terjadi pada 2 miliar tahun yang lalu. Diperkirakan ukuran asteroid yang menghantam bumi lebarnya sekitar 10 km.

2. Sudbury
Daftar 10 Asteroid Terbesar yang Pernah Menghantam Bumi

Tumbukan asteroid terbesar kedua menimbulkan Sudbury Basin dengan radius 80,7783 mil (130 km) di Ontario, Kanada, terjadi pada 1,8 miliar tahun yang lalu. Puing-puing dari tumbukan tersebar di area seluas 1.600.000 km persegi dan ada fragmen batu yang terlempar sejauh 800 km ditemukan di Minnesota. Kawah ini panjangnya 62 km, lebar 30 km, dan kedalaman 15 km.

3. Acraman
Daftar 10 Asteroid Terbesar yang Pernah Menghantam Bumi

Tumbukan asteroid terbesar ketiga menyebabkan terbentuknya Kawah Acraman dengan radius 55,9234 mil (90 km) di Gawler Ranges, Australia Selatan, Australia, terjadi pada 580 juta tahun lalu. Lokasinya ditandai oleh Danau Acraman sebuah playa lake atau danau yang dasarnya mengering akibat penguapan yang besar.

4. Woodleigh
Daftar 10 Asteroid Terbesar yang Pernah Menghantam Bumi

Tumbukan asteroid terbesar keempat membentuk Kawah Woodleigh dengan radius 25-74,5645 mil (120 km) di sebelah timur Shark Bay, wilayah Gascoyne, Australia Barat, terjadi 360 juta tahun lalu. Kawah yang terbentuk diperkirakan akibat tumbukan asteroid atau komet berdiameter sekitar 5 hingga 6 km, bahkan ada yang menyebut lebih besar lagi yaitu 6 hingga 12 kilometer.

5. Manicouagan
Daftar 10 Asteroid Terbesar yang Pernah Menghantam Bumi

Tumbukan asteroid terbesar kelima adalah menciptakan Kawah Manicouagan dengan radius 62,1371 mil (100 km) di Quebec, Kanada, terjadi pada 215 juta tahun lalu. Kawah ini terbentuk setelah tumbukan asteroid berukuran diameter 3 mil (5 km).

Kawah Manicouagan adalah sebuah danau berbentuk lingkaran seluas 1.942 km persegi. Pulau danau di tengahnya dikenal sebagai Pulau René-Levasseur, dan titik tertingginya adalah Gunung Babel.

6. Morokweng
Daftar 10 Asteroid Terbesar yang Pernah Menghantam Bumi

Tumbukan asteroid terbesar keenam membentuk Kawah Morokweng dengan radius 43,496 mil (70 km) di Barat Laut, Afrika Selatan, terjadi pada 145 juta tahun lalu. Kawah Morokweng adalah struktur tumbukan yang terkubur di bawah Gurun Kalahari dekat perbatasan dengan Botswana. Kawah Morokweng terbentuk oleh dampak tumbukan asteroid L chondrite yang diperkirakan berdiameter 5 hingga 10 km (3,1 hingga 6,2 mi).