5.500 Koin Perak Zaman Romawi Berusia 1.800 Tahun Ditemukan Tertimbun di Jerman

Jum'at, 19 November 2021 - 09:44 WIB
loading...
5.500 Koin Perak Zaman Romawi Berusia 1.800 Tahun Ditemukan Tertimbun di Jerman
Lebih dari 5.500 koin perak zaman Kekaisaran Romawi ditemukan terkubur di tepi sungai di Augsburg, Jerman. Foto/livescience
A A A
AUGSBURG - Lebih dari 5.500 koin perak zaman Kekaisaran Romawi ditemukan terkubur di tepi sungai di Augsburg, Jerman. Para arkeolog memperkirakan koin perak ini sudah berusia sekitar 1.800 tahun.

“Koin-koin ini adalah denarii, denominasi perak standar selama awal abad ke-3 Masehi," kata Stefan Krmnicek, seorang profesor numismatik kuno (studi tentang koin) di Universitas Tübingen, Jerman, kepada Live Science, Jumat (19/11/2021).

Para arkeolog menemukan timbunan koin ini pada awal tahun di dasar sungai tua. Meskipun koin-koin itu berserakan di lubang yang baru digali, kemungkinan di tempat itu bukan penyimpanan atau penimbunan koin.

"Tempat penyimpanan (koin) mungkin hanyut terbawa banjir Sungai Wertach berabad-abad lalu. Kemudian koinnya berhamburan di dasar sungai," kata Krmnicek. (Baca juga; Ratusan Koin Emas Anglo-Saxon Ditemukan di Norfolk Inggris )

Krmnicek menuturkan, setelah membersihkan koin dan meneliti jenis logamnya diperkirakan berasal dari awal abad ke-3 Masehi. Lokasi penemuan diperkirakan di luar bekas kota Romawi, Augusta Vindelicum, dekat Via Claudia Augusta (jalan Romawi). Pada saat itu, Augusta Vindelicum adalah Ibu Kota Provinsi Romawi Raetia.

Pada saat itu, Kekaisaran Romawi sedang berjalan baik, dengan koinnya menjangkau seluruh pelosok wilayahnya. Mengapa timbunan koin itu terkubur di dasar sungai adalah misteri yang masih terus coba dipecahkan oleh para peneliti. "Kami belum tahu mengapa ditimbunan di sana," kata Krmnicek. (Baca juga; UEA Temukan Koin Langka Islam Kuno Umur Ratusan Tahun dari Dinasti Abbasiyah )

Seorang kandidat doktor di Universitas Tübingen, Leo Brey sedang mencoba memecahkan teka-teki ini dalam penelitiannya. Timbunan itu digali oleh Sebastian Gairhos, direktur Layanan Arkeologi Kota Augsburg. Tidak ada artefak selain koin yang ditemukan dengan timbunan itu.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1765 seconds (11.210#12.26)