Angkatan Udara Inggris Sukses Terbangkan Pesawat Gunakan Bahan Bakar Sintetis

Jum'at, 19 November 2021 - 16:05 WIB
loading...
Angkatan Udara Inggris Sukses Terbangkan Pesawat Gunakan Bahan Bakar Sintetis
Kapten Peter Hackett menerbangkan pesawat Ikarus C42 yang menggunakan bahan bakar sintetis di ekitar Bandara Cotswold dekat Cirencester, Gloucestershire, Inggris. Foto/dailymail..
A A A
LONDON - Angkatan Udara Kerajaan Inggris (Royal Air Force/RAF) menorehkan catatan penting dalam Guinness World Record setelah sukses menerbangkan pesawat menggunakan bahan bakar sintetis untuk pertama kalinya.

Ini bagian kerja sama RAF dengan lembaga Zero Petroleum mewujudkan target Net Zero atau tanpa penggunaan bahan bakar fosil pada tahun 2050. Jangka pendek pada tahun 2025, RAF menargetkan zero net di pangkalan udara. (Baca juga; Mobil Terbang Pertama di Jepang Lulus Uji Keamanan, Diharapkan Bisa Dijual Mulai 2025 )

Penerbangan pertama menggunakan bahan bakar sintetis terjadi 2 November 2021 pada pesawat Ikarus C42 dengan pilot Kapten Grup Peter Hackett. Penerbangan singkat dilakukan di sekitar Bandara Cotswold dekat Cirencester, Gloucestershire.

Bahan bakar sintetis yang digunakan diberi kode UL91 produksi Zero Petroleum yang berbasis di London. Bahan bakar sintetis UL91 menggunakan hidrogen yang diekstraksi dari air dan karbon yang diekstraksi dari karbon dioksida di atmosfer. (Baca juga; Diupgrade Pakai Avionik Flight2, Kokpit Pesawat C-130 Hercules TNI AU Jadi Serba Digital )

Proses tersebut seluruhnya menggunakan sumber energi yang terbarukan untuk mengekstrak bahan kimia untuk mensintesis bahan bakar. Istimewanya lagi, teknik tersebut dapat digunakan sebagai 'bahan bakar drop-in', untuk menggantikan bahan bakar penerbangan berbasis fosil tanpa modifikasi mesin.
Angkatan Udara Inggris Sukses Terbangkan Pesawat Gunakan Bahan Bakar Sintetis

Menteri Pengadaan Pertahanan Inggris Jeremy Quin mengatakan, program ini merupakan bagian dari Proyek MARTIN, sebuah inisiatif RAF yang bertujuan untuk menghemat 80-90 persen karbon per penerbangan. Ke depan untuk mendukung visi RAF menggunakan bahan bakar sintetis sebagai bahan bakar utama pesawat jet di masa depan.

Meskipun sumber tenaga listrik dan hidrogen dianggap layak untuk beberapa pesawat RAF, bahan bakar cair masih diperlukan untuk pesawat berkinerja tinggi. "Ini menunjukkan tekad angkatan bersenjata Inggris untuk memajukan ide-ide kreatif. Seperti penggunaan UL91, untuk mempertahankan kemampuan operasional,” kata Mr Quin dikutip dailymail pada 17 November 2021.

Sebelum penerbangan pertama ini, RAF sudah menguji bahan bakar sintetis UL91 secara ekstensif. Hasilnya mesin bekerja sama seperti menggunakan bahan bakar fosil, tetapi pada suhu yang lebih rendah. Ini berarti menggunakan bahan bakar sintetis juga dapat meningkatkan umur mesin serta penghematan karbon yang signifikan.

“Saya senang atas penghargaan rekor dunia ini dan melihat Angkatan Udara Kerajaan Inggris sebagai ujung tombak inovasi dan teknologi,” kata Kepala Udara Marsekal Sir Mike Wigston. (Baca juga; Menhan Prabowo Pesan 2 Pesawat Tanker-Angkut A400M untuk TNI AU )
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1670 seconds (0.1#10.140)